-->

Cara Memanen Madu Klanceng dari Lebah Madu Liar - My Budidaya

Cara Memanen Madu Klanceng dari Lebah Madu Liar - My Budidaya 
Madu klanceng adalah sebutan untuk madu yang dihasilkan oleh lebah madu kerdil dari genus Trigona. Tidak sedikit peternak di Indonesia yang membudidayakan lebah yang satu ini. Lebah ini sendiri diketahui suka menghisap nektar dari berbagai macam bunga. Hal ini membuat rasa, warna, dan tekstur yang dihasilkannya pun beranekaragam. Namun mayoritas madu klanceng mempunyai rasa masam yang lebih dominan daripada manisnya.
Sebaiknya madu klanceng dipanen sekitar pertengahan hingga akhir musim bunga. Tujuannya tidak lain supaya jumlah madu yang terkumpul semakin banyak. Rasa manis pada madu pun lebih terasa manakala dipanen saat kondisinya sudah cukup matang. Sebaliknya jika madu dipanen terlalu dini, selain menyebabkan jumlah yang terkumpul sedikit, rasa madu tadi juga masih sangat masam menyerupai rasa buah jeruk nipis.
cara-memanen-madu-klanceng.jpg
Proses pemanen madu klanceng tidak berbeda jauh dengan madu-madu yang lainnya.
  1. Anda perlu mengenakan pakaian pelindung keamanan terlebih dulu untuk melindungi tubuh dari sengatan lebah. Di antaranya meliputi sepatu boots, celana panjang, kaos berlengan panjang, sarung tangan, dan topi kelambu.
  2. Bukalah penutup kandang lebah (step) dengan hati-hati dan gerakan pelan supaya tak mengagetkan penghuni di dalamnya. Lebah yang kaget dan merasa terusik oleh Anda tidak segan-segan menyerang menggunakan sengatannya.
  3. Cek apakah lebah yang menghuni step tersebut memiliki perangai yang galak atau jinak. Caranya Anda angkatlah salah satu frame sisiran yang berisi anakan lebah dan madu. Usahakan gerakannya tenang, lurus ke atas, dan tidak menyenggol frame lain.
  4. Jika lebah tetap merasa tenang dan tidak menyengat Anda setelah frame yang menjadi tempat tinggalnya diangkat, maka artinya lebah tersebut tidak galak. Anda bisa langsung meneruskan ke proses pemanenan.
  5. Tetapi apabila lebah berubah menjadi lebih agresif dan berusaha menyerang Anda setelah frame sisirannya diangkat, hal ini menandakan kalau lebah tersebut galak. Anda bisa mengatasinya dengan mengasapi frame tadi agar lebah-lebah menyingkir sejenak.
  6. Frame sisiran lebah yang telah diambil lantas bisa dipanen untuk diambil madu yang terkandung di dalamnya. Mulailah dengan menyingkirkan anakan-anakan lebah terlebih dahulu. Lalu ambil madu dengan cara memerasnya beberapa kali. Silakan ambil beberapa sisiran dan sisakan minimal dua sisiran.
  7. Pakailah sarung tangan yang bersih dan higienis. Letakkan sisiran madu di atas saringan yang lebar, kemudian peraslah seperti Anda memeras santan kelapa. Madu yang telah terkumpul kemudian bisa dikemas ke dalam botol kaca.
  8. Setelah dirasakan Anda sudah cukup memanen madu, maka kembalikan lagi anakan lebah yang sudah disingkirkan. Caranya Anda bisa mengikat anakan tersebut memakai tali. Dengan demikian, populasi lebah pun dapat lebih dilestarikan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Memanen Madu Klanceng dari Lebah Madu Liar - My Budidaya "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel