-->

4 Cara agar Ayam Kate Mau Mengerami Telurnya - My Budidaya

Bagaimana cara agar ayam kate mau mengerami telurnya? Beberapa orang lebih tertarik untuk memelihara ayam hias ketimbang ayam petelur atau ayam pedaging. Berbisnis sekaligus melakoni hobi alasan mereka. Selain itu, ayam hias seperti ayam kate atau ayam serama juga membutuhkan pakan yang relatif lebih sedikit. Apalagi harga jualnya pun cukup mahal sehingga menghasilkan keuntungan yang lebih banyak.
Tetapi memelihara ayam kate tidak segampang yang Anda kira. Ayam ini membutuhkan perawatan yang lebih rumit agar keindahannya terjaga dengan baik. Induk ayam kate betina juga sudah terkenal malas mengerami telur-telurnya. Padahal tingkat keberhasilan telur yang ditetaskan induknya sendiri lebih tinggi daripada pemakaian mesin penetas telur. Oleh karena itu, sebagai peternak Anda wajib memikirkan trik untuk mengakalinya.
ayam-kate-mengerami-telurnya.jpg
Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mendorong ayam kate supaya mau mengerami telurnya, antara lain :
  1. Menyediakan Tempat Khusus
Anda harus menyediakan tempat khusus sebagai wadah penampung telur sekaligus tempat bagi indukan tersebut untuk mengerami telur-telurnya. Tempat tersebut sebaiknya berbentuk kotak persegi yang memiliki ukuran 40 x 40 x 40 cm. Jangan lupa untuk menyediakan pintu di salah satu sisinya. Letakkan tempat pengeraman ini di kandang umbaran. Ayam kate betina akan mengalami stres apabila ketika ia ingin bertelur tidak ada tempat khusus untuknya.
  1. Sediakan Wadah yang Cukup
Jumlah tempat telur harus disesuaikan dengan jumlah ayam kate betina yang Anda pelihara. Jika jumlah tempat telur ini terlalu sedikit akibatnya ada beberapa ayam yang meletakkan telurnya di wadah yang sama. Hal ini dapat memicu konflik antar-ayam betina sehingga mereka pun enggan mengerami telur-telur yang sudah ada. Masukkan sekam padi, kain perca, atau sarang burung ke dalam tempat pengereman ini untuk membuat si induk merasa lebih nyaman.
  1. Pastikan Kondisinya Aman
Faktor lain yang dapat menyebabkan ayam kate menjadi stres sehingga enggan mengerami telurnya yaitu tidak amannya suasana di dalam kandang. Adanya predator di sekitar kandang seperti tikus, kucing, atau serangga bisa menjadi pemicunya. Anda harus membuat tempat bertelur yang seaman mungkin. Kemudian untuk melatih ayam tadi bertelur di tempatnya, cobalah pelihara ayam ini di tempat bertelur selama 2 hari berturut-turut.
  1. Ciptakan Suasana yang Nyaman
Ayam kate akan memilih tempat yang paling nyaman sebagai wadah penyimpanan telur-telurnya. Ia biasanya tidak akan menggunakan tempat yang kondisinya terlalu lembab atau terlalu panas. Sebab lingkungan yang tidak ideal seperti itu juga rentan membuatnya stres. Solusinya Anda harus meletakkan kotak tempat telur di salah satu sudut kandang yang memiliki suasana paling baik. Kalau bisa pilihlah tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung dan bebas dari kebocoran.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 Cara agar Ayam Kate Mau Mengerami Telurnya - My Budidaya "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel