-->

3 Cara Memangkas Tanaman Tomat yang Benar - My Budidaya

3 Cara Memangkas Tanaman Tomat yang Benar - My Budidaya 
Tanaman tomat perlu dipangkas secara berkala untuk menjaga tingkat produktivitasnya. Sebab tanaman yang terlalu banyak mempunyai daun justru pertumbuhannya tidak bagus. Proses pemangkasan ini dilakukan dengan mengurangi jumlah tunas dan pucuk batang sehingga perkembangan buah tomat bisa optimal. Hal ini terjadi lantaran sebagian besar nutrisi yang didapatkan tanaman tersebut dialokasikan untuk mendukung perkembangan buah.
Tanaman tomat yang terlalu rimbun karena mempunyai banyak daun dan cabang umumnya menghasilkan buah yang berukuran kecil. Penyebabnya tidak lain disebabkan hasil fotosintesis dibagi-bagi juga untuk mendukung pertumbuhan daun. Akibatnya perkembangan buah pun menjadi tidak optimal. Selain itu, pemangkasan pada tanaman tomat juga berguna untuk mengatur kelembaban serta mencegah serangan hama dan penyakit.
cara-memangkas-tanaman-tomat.jpg
Terdapat tiga jenis teknik pemangkasan pada tanaman tomat antara lain :
  1. Pemangkasan Tunas Muda
Pohon tomat yang terlalu banyak mempunyai tunas dapat mengganggu pertumbuhan tanaman itu sendiri. Anda perlu mengatur jumlah tunas agar produktivitasnya tinggi dan perkembangan buah maksimal. Khususnya tunas yang tumbuh di antara batang. Tunas tersebut perlu dipangkas sehingga tersisa hanya batang dan daun utamanya saja. Pemangkasan dapat dilakukan secara manual menggunakan tangan yang steril dengan memotes tunas tersebut.
  1. Pemangkasan Batang
Pemangkasan batang dilakukan ketika ada dua helai daun yang tumbuh di atas tandan buah yang kelima. Tujuannya tidak lain untuk mempercepat pematangan buah tomat. Pengecualian apabila ada tunas yang tumbuh kuat di batang sekitar tandan buah yang kelima ini, maka batang tersebut tidak perlu dipangkas. Tanaman tomat akan memiliki produktivitas yang baik manakala mempunyai 2-3 tunas cabang di setiap batangnya. Pemangkasan dilakukan memakai pisau yang tajam.
  1. Pemangkasan Bunga dan Buah
Pemangkasan bunga dan buah tomat juga perlu dilaksanakan untuk memaksimalkan pertumbuhannya. Idealnya setiap tanaman tomat cukup menghasilkan sebanyak 6-8 buah saja per periode. Dengan mengurangi kuantitas buah, maka kualitas buah dapat meningkat tajam. Buah yang dibiarkan akan tumbuh maksimal hingga mencapai mutu yang premium. Namun jika standar kualitas buah yang diharapkan tidak terlalu tinggi, misalnya untuk pasar lokal, maka pemangkasan terhadap bunga/buah ini tidak perlu dilakukan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "3 Cara Memangkas Tanaman Tomat yang Benar - My Budidaya "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel