-->

Begini Cara Membuat Kotak Lebah Madu! - My Budidaya

Kotak khusus untuk memelihara lebah madu biasa disebut stup. Tak sedikit orang awam yang bertanya bagaimana cara membuat kotak stup tersebut sebab tertarik membudidayakan lebah madu. Kotak kandang lebah madu ini sebenarnya bisa dengan mudah Anda buat sendiri. Anda tidak perlu membelinya karena proses pembuatannya gampang sekali. Dengan demikian, Anda bisa menghemat biaya pengeluaran untuk pengadaan kandang tersebut.
Bahan baku yang dipakai untuk membuat kotak lebah madu terdiri dari papan kayu, bambu, dan paku. Soal ketebalan papan tak ada aturannya. Namun kami menyarankan pakailah papan kayu dengan ketebalan minimal 2 cm. Kalau ingin membuat lebih aman, sebaiknya Anda juga menyediakan seng sebagai atap kotak tersebut nantinya. Kemudian Anda bisa menyiapkan beberapa peralatan kerja seperti palu, tang, dan gergaji.
cara-membuat-kotak-lebah.jpg
Kali ini kita akan belajar membuat kotak lebah madu yang memiliki ukuran 30 x 30 x 20 cm. Sekadar informasi, sebenarnya tidak ada aturan baku tentang ukuran besar kecilnya kotak untuk memelihara lebah madu. Tetapi kebanyakan petani membuat kotak yang berukuran P 30 x L 30 x T 20 cm.
  1. Buatlah sebuah kotak berbentuk balok dari papan kayu yang disusun sedemikian rupa. Anda hanya perlu membuat bagian alas dan dindingnya terlebih dahulu. Sedangkan bagian atap kotak bisa dibuat belakangan.
  2. Setelah kotak selesai dibuat, selanjutnya buatlah lubang sebagai jalur keluar masuk lebah nantinya di bagian depan kotak. Lubang ini berukuran 0,5 x 5 cm. Ukuran lubang ini dirasa sudah cukup untuk lalu lalang lebah.
  3. Lalu pasanglah kayu di bagian dalam kotak sebagai tempat untuk meletakkan bingkai. Pemasangan kayu ini dilakukan di beberapa titik pada dinding kotak. Nantinya bingkai bambu akan dipasang di sini.
  4. Kemudian bingkai bisa dibuat menggunakan bambu yang berukuran panjang 26 cm dan tinggi 15 cm dengan ketebalan 1 cm. Bingkai ini berfungsi sebagai tempat bagi lebah untuk membuat sarangnya.
  5. Bagian terakhir yang perlu dibuat adalah atap/penutup kotak. Anda bisa menggunakan papan kayu untuk membuat penutup kotak tersebut. Ada baiknya lengkapi dengan engsel sehingga nantinya bisa dibuka tutup dengan mudah.
Kotak lebah madu yang telah dibuat sebaiknya tidak langsung digunakan. Anda perlu memberi beberapa perlakuan tertentu supaya lebah madu mau tinggal di dalam kotak tersebut dan aman. Caranya Anda bisa merendamnya di air bersih selama 24 jam, lalu jemurlah di bawah sinar matahari langsung sampai benar-benar kering. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan kandungan bahan kimia yang mungkin ada. Kotak yang sudah siap digunakan bisa diletakkan di tempat yang tepat untuk menarik kedatangan lebah madu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Begini Cara Membuat Kotak Lebah Madu! - My Budidaya "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel