-->

Cara Memancing Kedatangan Lebah Klanceng - My Budidaya

Bagaimana cara memancing kedatangan lebah klanceng? Anda mungkin memiliki pertanyaan semacam ini. Lebah klanceng sendiri biasa disebut pula kelulut. Ini merupakan salah satu lebah penghasil madu. Madu yang dihasilkan oleh lebah klanceng mempunyai dominan rasa masam agak manis. Madu ini memiliki harga jual yang cukup tinggi. Terbayang kan berapa keuntungan yang bakal kita peroleh apabila berhasil mendatangkan lebah klanceng ini.
Budidaya lebah klanceng banyak dilakukan oleh masyarakat di Indonesia. Jika dibandingkan dengan jenis lebah penghasil madu yang lainnya, lebah klanceng relatif lebih mudah dipelihara. Lebah ini sejatinya hidup secara liar di hutan belantara. Lebah ini banyak mendiami pepohonan dan tumbuh-tumbuhan besar. Lebah klanceng yang dirawat dengan baik mampu meghasilkan madu dalam jumlah yang banyak.
cara-memancing-lebah-klanceng.jpg
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memancing kedatangan lebah klanceng. Salah satu caranya adalah metode yang akan kami ajarkan berikut ini.
Alat dan Bahan :
  • Kotak stup yang menjadi kandang lebah
  • Kondisi lingkungan yang mendukung
Berikut ini cara memancing lebah klanceng :
  1. Carilah tempat yang kira-kira banyak terdapat lebah klanceng. Ya, Anda harus mencari tahu tempat yang setidaknya terdapat satu koloni lebah klanceng. Pastikan kalau itu memang benar-benar lebah klanceng.
  2. Setelah berhasil menemukan tempat yang tepat, Anda bisa meletakkan beberapa kotak stup yang menjadi bakal kandang lebah secara acak di sekitar tempat tersebut. Semakin banyak jumlah kotak yang digunakan, semakin besar pula peluangnya.
  3. Kami sarankan pakailah 10-30 kotak sekaligus untuk memancing lebah klanceng ini. Letakkan kotak-kotak tersebut di tempat yang teduh. Contohnya di bawah pohon, kusen pintu, jendela, dan lain-lain.
  4. Kini Anda tinggal menunggu kedatangan lebah klanceng masuk ke dalam kandang yang telah disediakan. Tepatnya yaitu pada masa pemecahan koloni yang biasanya terjadi pada pertengahan sampai akhir musim tanaman berbunga.
  5. Lebah klanceng pada dasarnya menyukai tempat tinggal yang aman, terlindung, dan banyak terdapat akses keluar masuk ke kandang berupa lubang-lubang kecil. Pastikan Anda membuat kandang yang ideal sehingga lebah klanceng tertarik untuk menempatinya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Memancing Kedatangan Lebah Klanceng - My Budidaya "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel