-->

5 Tips Melatih Burung Kakatua agar Pandai Berbicara - My Budidaya

Anda membutuhkan tips-tips untuk melatih burung kakatua berbicara? Salah satu keunikan burung kakatua dibandingkan dengan burung-burung hias lainnya ialah burung ini bisa dilatih agar berbicara layaknya manusia. Meskipun jumlah kosakata yang mampu diucapkannya sangat terbatas, namun hal ini tentu tidak menjadi masalah. Burung kakatua yang sudah dapat berbicara mempunyai nilai yang jauh lebih tinggi.
Burung kakatua memang bisa dilatih berbicara. Tetapi tidak ada jaminan bahwa burung kakatua peliharaan Anda juga dapat menguasainya. Semua bergantung pada bagaimana Anda melatih burung tersebut serta kemampuan burung dalam menerima pelajaran. Kalau Anda malas-malasan sebaiknya jangan pernah bermimpi deh mempunyai burung kakatua yang pandai berbicara. Tidak ada satu pun yang instan di dunia ini, oke.
Faktanya melatih burung kakatua untuk berbicara sebenarnya susah sekali. Anda tidak bisa melakukannya sekali atau dua kali, melainkan harus beberapa kali sampai tak terhitung. Tapi itu pada awalnya. Kalau Anda sudah berhasil melatih satu kosakata saja pasti proses selanjutnya akan lebih mudah sebab burung tersebut sudah mengerti apa yang kita mau. Tips-tips di bawah ini akan membantu Anda!
cara-melatih-burung-kakatua.jpg
  1. Burung adalah Sahabat
Burung kakatua pun bisa merasakan apakan si majikan menyayanginya atau tidak. Itu sebabnya, sebagai pemilik Anda harus menunjukkan rasa kasih sayang. Caranya dengan memperhartikan kondisi burung kapan pun dan di mana pun. Anggaplah burung kakatua tadi sebagai sahabat Anda, bukan sekadar hewan peliharaan saja. Lama-kelamaan burung tersebut akan mengerti bagaimana cara Anda dalam memperlakukannya.
  1. Anda Harus Sabar
Anda harus sabar dalam melatih burung kakatua supaya bisa berbicara. Layaknya anak kecil yang belum bisa berbuat apa-apa, Anda wajib mengajarinya sedikit demi sedikit dan konsisten. Latihan sebaiknya dilakukan senatural mungkin. Hindari membuat target dalam waktu tertentu sebab justru akan menimbulkan rasa kecewa pada diri Anda bila gagal mencapainya. Anda sendiri harus merasa nyaman terlebih dahulu sebelum membuat burung kakatua tersebut nyaman terhadap diri Anda.
  1. Ajak Burung Berbicara
Ini dia langkah penting dalam melatih burung kakatua yaitu mengajaknya berbicara sesering mungkin. Kuncinya adalah Anda harus mengulangi kosakata yang sedang ingin dilatihkan beberapa kali serta menunjukkan situasi yang seperti apa saat mengatakannya. Sekali lagi kami ingatkan bersenang-senanglah ketika melatih burung kakatua.
Anda bisa memulai latihan dari kosakata yang sangat sederhana. Misalnya yaitu hai atau halo. Sembari mengatakan hai/halo, Anda bisa melambaikan telapak tangan agar burung kakatua memahaminya. Setelah berhasil, cobalah melatihnya agar mengatakan ada tamu, sampai jumpa, atau aku cantik/tampan. Lalu ajarkan dia mengenali kondisi lingkungannya dengan mengajarkan kata selamat pagi, selamat siang, selamat sore, dan selamat malam

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Tips Melatih Burung Kakatua agar Pandai Berbicara - My Budidaya "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel