-->

Teknik Penyemaian Benih Blueberry yang Benar - My Budidaya

Bagaimana cara penyemaian benih blueberry yang benar? Benih yang sudah Anda terima dari TokoTanaman.com tidak bisa langsung ditanam begitu saja. Benih tersebut perlu disemai terlebih dahulu supaya berkembang menjadi kecambah. Meskipun benih blueberry bisa disimpan selama lebih dari 5 tahun, tetapi tingkat keberhasilannya akan lebih besar apabila Anda lekas mengecambahkannya.
Perlu Anda ketahui, kebanyakan benih tanaman yang tergolong dalam genus Vaccinium seperti blueberry ini memiliki sifat photoblastic. Ini artinya benih tersebut membutuhkan pencahayaan selama beberapa jam setiap hari untuk bisa berubah menjadi kecambah. Benih blueberry yang hendak disemai tidak perlu mendapatkan perlakuan gelap. Anda hanya perlu meletakkan benih tadi di suatu tempat yang memungkinkannya bisa mendapatkan sinar matahari yang cukup.
Perlakuan pretreatment dingin kering pada suhu antara 3-5 derajat celsius juga telah terbukti dapat meningkatkan potensi perkecambahan benih blueberry. Anda bisa mencobanya dengan meletakkan benih blueberry di dalam freezer selama kurang lebih 90 hari. Selain pretreatment dingin kering, potensi perkecambahan benih blueberry pun bakal meningkat apabila diberikan perlakuan asam giberelat (GA3) sebanyak 200-1000 ppm melalui perendaman selama 24 jam.
cara-penyemaian-benih-blueberry.jpg
Dari beberapa kali percobaan yang sudah kami lakukan menghasilkan fakta bahwa benih blueberry sangat menyukai media tanam yang bersifat asam. Benih tersebut akan mudah tumbuh dan berkembang menjadi kecambah manakala disemai menggunakan media tanam yang mempunyai pH sekitar 5,5. Anda bisa menambahkan 1/4 sendok teh cuka ke dalam media tanam untuk membuat pH-nya menjadi asam.
Di bawah ini langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menyemai benih blueberry!
  1. Masukkan benih blueberry ke dalam freezer yang suhunya berada di kisaran 3-5 derajat celsius. Benih perlu disimpan di freezer minimal selama 90 hari ke depan. Hal ini dimaksudkan untuk memecah masa dorminasi biji sehingga dapat berkecambah lebih cepat dan peluangnya pun lebih besar.
  2. Siapkan wadah penyemaian berupa kontainer yang memiliki ukuran cukup luas. Isilah wadah tersebut dengan media tanam berupa moist yang mempunyai tingkat keasaman 5,5. Selanjutnya basahilah media tanam menggunakan semprotan air secukupnya.
  3. Kini waktunya menanam benih blueberry untuk keperluan persemaian. Letakkan biji-biji blueberry secara tersebar dan merata ke seluruh sudut media tanam. Usahakan posisinya jangan saling berdekatan agar pertumbuhannya tidak terganggu. Kemudian tutuplah biji tersebut memakai lapisan tipis media tanam. Lalu buat permukaan atasnya menjadi lembab menggunakan semprotan air.
  4. Pindahkan wadah penyemaian di tempat yang bisa mendapatkan sinar matahari yang cukup tetapi tidak langsung. Misalnya seperti di teras rumah atau kusen jendela. Kedua tempat ini paling bagus dijadikan sebagai tempat persemaian benih blueberry.
  5. Selama proses persemaian berlangsung, Anda wajib memelihara benih blueberry. Caranya yakni menyemprotkan air secukupnya setiap hari untuk menjaga kelembaban media tanam. Disarankan untuk menyemprotkan pula cairan fungisida setiap 10 hari sekali untuk mencegah tumbuhnya jamur/cendawan di media tanam.
  6. Biasanya benih blueberry sudah berkembang menjadi kecambah setelah 6-12 minggu kemudian. Anda perlu menunggu sampai tinggi kecambah tersebut mencapai 5-8 cm sebelum dapat dipindahtanamkan ke pot atau polybag persemaian.
  7. Untuk media tanam yang dimasukkan ke pot/polybag, Anda bisa menggunakan campuran pupuk kandang dan pasir dengan perbandingan 1:1. Kalau perlu tambahkan tanah secukupnya untuk membuat media tanam tidak terlalu porous.
  8. Pindahkan kecambah blueberry secara hati-hati dari wadah persemaian ke dalam pot/polybag. Usahakan jangan sampai merusak bagian akarnya. Jadi Anda harus melepaskan kecambah tersebut beserta media tanam di sekitarnya. Proses pemindahan ini sebaiknya dikerjakan pada waktu pagi hari.
  9. Letakkan pot/polybag yang telah berisi kecambah blueberry di tempat yang terbuka. Anda bisa menyiramnya setiap kali kondisi media tanam yang digunakan terlihat agak mengering. Setelah benih dapat beradaptasi lingkungan barunya yang ditunjukkan dengan tumbuhnya tunas baru, Anda bisa memberikannya pupuk organik cair sebagai nutrisi tambahan.
  10. Perlu diingat bahwa tanaman blueberry mempunyai sistem perakaran yang dangkal. Oleh sebab itu, Anda sudah bisa mulai memindahkan bibit blueberry ke lahan apabila tingginya telah mencapai 20-30 cm. Blueberry juga bisa dijadikan tanaman buah dalam pot (tabulampot) yang sangat cantik dan menarik hati.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Teknik Penyemaian Benih Blueberry yang Benar - My Budidaya "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel