-->

Cara Mengatasi Bulu Burung Puyuh yang Rontok - My Budidaya

Bagaimana cara mengatasi bulu burung puyuh yang rontok? Semua jenis burung puyuh pasti mengalami suatu siklus yang disebut molting. Molting atau mabung adalah peristiwa merontokkan bulu pada unggas untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Proses ini biasanya terjadi sekitar 1,5-2 bulan lamanya. Selama masa molting, kondisi burung puyuh tetap sehat serta tidak menunjukkan gejala-gejala sakit seperti lesu atau malas.
Apabila kerontokan bulu tersebut disertai dengan menurunnya kesehatan artinya ada sesuatu yang tidak beres dari burung puyuh milik Anda. Kemungkinan besar burung puyuh tadi sedang mengalami stres atau sakit. Bisa pula disebabkan oleh gangguan kutu, tungau, atau gurem yang menyebabkan rasa gatal sehingga burung tadi mematuk-matuk bulunya sendiri. Penyebab lainnya adalah burung puyuh kekurangan vitamin dan protein, kandang yang tidak nyaman, atau gangguan dari binatang predator.
Anda bisa memeriksa kondisi kandang dan kebersihannya. Usahakan kandang tersebut selama dalam kondisi yang bersih dan sehat. Usahakan penempatannya di letakkan di area yang tenang. Jika perlu, mandikan burung puyuh yang bermasalah tadi minimal setiap 2 hari sekali. Gunakan sampo khusus untuk memandikannya supaya kondisi badan pun menjadi lebih bersih dan segar. Jangan lupa menjemur setelahnya ya.
burung-puyuh-merontokkan-bulu.jpg
Ada kalanya burung puyuh mengalami kerontokan bulu yang tak berkesudahan. Gangguan kesehatan ini biasa dikenal dengan istilah stuck in the molting. Ciri-cirinya antara lain terdapat bulu halus yang berjatuhan di kandang hampir setiap hari dan diselingi oleh kerontokan pada bulu yang berukuran besar. Biang keroknya tidak lain ialah burung kekurangan zat-zat nutrisi yang berperan penting dalam mendukung pembentukan bulu.
Seyogianya burung puyuh yang tengah menjalani masa molting mendapatkan asupan gizi yang lebih banyak dari biasanya. Pemberian porsi pakannya juga harus ditambah. Burung puyuh ini wajib memperoleh bahan makanan yang mengandung nutrisi lengkap meliputi biji-bijian, sayuran, dan vitamin. Begitu pula dengan jumlah makanan tambahan pemberiannya harus ditingkatkan porsinya.
Burung puyuh yang terkena gangguan stuck in the molting wajib diberikan terapi secara tepat. Caranya yakni melalui pemberian obat yang mempunyai kandungan lysine, methionin, dan triptophan. Silakan berikan obat tersebut sesuai dengan petunjuk yang terlampir pada kemasannya. Dengan memberikan obat ini, proses perontokan bulu pada burung puyuh akan selesai dan kondisi kesehatannya pun normal kembali.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengatasi Bulu Burung Puyuh yang Rontok - My Budidaya "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel