-->

Cara Memancing Lebah Madu Liar agar Datang - My Budidaya

Anda mungkin pernah berangan-angan membudidayakan lebah madu? Salah satu cara yang paling mudah dan murah ialah memancing lebah madu liar agar datang dan menghuni tempat yang telah Anda siapkan. Kita tentu merasa sangat gembira manakala berhasil mendatangkan koloni lebah madu liar. Selanjutnya tinggal usaha kita saja untuk merawat lebah-lebah tersebut agar betah tinggal. Maka hasil berupa madu pun dapat dipanen kemudian.
Tetapi memancing kedatangan lebah madu itu tidak semudah kelihatannya. Dibutuhkan trik tersendiri agar lebah madu liar tadi mau menempati kadang /gelodok yang telah kita siapkan sebelumnya. Syarat yang paling utama yaitu kondisi lingkungan harus mendukung. Budidaya lebah madu wajib dilaksanakan di tempat yang masih asri dan banyak ditumbuhi pepohonan. Lebah membutuhkan nektar dan pollen sebagai makanannya.
memancing-lebah-madu-liar.jpg
Lingkungan sekitar Anda cocok menjadi tempat beternak lebah madu apabila masih banyak dijumpai koloni lebah di tempat tersebut. Langkah selanjutnya Anda bisa mengikuti panduan berikut ini!
Pemilihan Kayu
Kandang buatan untuk lebah madu biasa dinamakan gelodok. Bahan yang paling bagus untuk membuat gelodok adalah kayu gelugu dari batang pohon kelapa. Gunakan papan kayu gelugu dengan ketebalan minimal 2 cm supaya kondisi di dalamnya nanti terasa hangat dan nyaman. Sebaiknya pakailah kayu yang baru. Kalau Anda ingin menggunakan kayu bekas, pastikan tidak ada cat, oli, atau bahan kimia lain yang menempel di permukaannya. Bersihkan papan kayu bekas ini dengan cara direndam dalam air atau dibiarkan kehujanan.
Pembuatan Gelodok
Papan kayu yang sudah terkumpul lantas dibuat menjadi gelodok. Gelodok ini berbentuk balok dengan sisi bagian atas yang diberi engsel supaya dapat dibuka tutup dengan mudah. Lalu buatlah beberapa lubang berdiameter 1-2 cm di sisi samping gelodok sebagai jalur keluar masuk lebah nantinya. Disarankan untuk mengoleskan malam bekas perasan madu atau malam dari sisiran tua yang kosong supaya muncul aroma khas lebah pada gelodok yang telah dibuat.
Penempatan Gelodok
Gelodok yang sudah jadi lantas bisa diletakkan di tempat yang tepat. Misalnya di belakang atau samping rumah, di sekitar bangunan yang teduh, di bawah pohon yang rindang, dan lain-lain. Jangan meletakkan gelodok tersebut begitu saja. Anda sebaiknya menggantungkannya dengan tali yang kuat. Bila perlu, oleskan vaselin atau balsem di ujung tali agar tidak dilewati semut. Dengan demikian, gelodok pun menjadi aman dari gangguan semut.
Proses Menunggu
Setelah semua persiapan di atas sudah Anda lakukan dengan baik, kini waktunya Anda menunggu kedatangan lebah madu. Biasanya lebah madu liar akan mencari tempat baru untuk bersarang ketika terjadi pemecahan koloni yaitu pada pertengahan atau akhir musim bunga. Bisa pula pada musim pancaroba saat terjadi masa paceklik di koloni lebah madu tersebut. Rentang waktunya sendiri berkisar antara 2-8 bulan. Jadi sekarang Anda tinggal menunggu dan berharap agar lebah madu mau menempati gelodok buatan Anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Memancing Lebah Madu Liar agar Datang - My Budidaya "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel