-->

Cara Berburu Lebah Madu di Hutan - My Budidaya

Tidak sedikit para petani yang tergoda untuk membudidayakan lebah madu sebagai usaha sampingannya. Tidak seperti binatang ternak yang membutuhkan pemeliharaan secara rutin, lebah madu hampir tidak memerlukan perawatan sama sekali. Anda seperti menabung. Lebah-lebah ini akan bekerja secara alami untuk dirinya sendiri. Mereka akan menghasilkan madu sedikit demi sedikit. Ketika sudah banyak, Anda tinggal memanennya.
Namun sudah pasti sebelum Anda memulai untuk membudidayakan lebah madu, Anda harus mendatangkan lebah-lebah ini terlebih dahulu. Bagaimanakah caranya? Anda bisa menarik kedatangan lebah madu menggunakan stup yang diletakkan di beberapa tempat. Biasanya koloni lebah madu yang baru terpecah akan mencari sarang baru. Di sinilah kita memanfaatkan kesempatan tersebut dengan menyediakan tempat yang nyaman sebagai sarang.
cara-berburu-lebah-madu.jpg
Cara yang lainnya yaitu Anda bisa berburu langsung lebah madu di hutan. Dengan menerapkan trik yang tepat, lebah-lebah tersebut mau tinggal di stup buatan Anda serta tidak kabur lagi. Dan begini caranya berburu lebah madu di hutan!
Trik Pertama
Apis cerana ialah lebah madu lokal yang paling banyak ditemukan di Indonesia. Lebah ini biasanya membuat sarang di lubang-lubang pohon, bebatuan, atau tebing sungai. Jadi bila Anda ingin berburu lebah madu, carilah di tempat-tempat ini. Hal yang sama juga berlaku untuk lebah kelulut. Sedangkan khusus lebah jenis Apis dorsata, Anda bisa menemukannya di pohon yang tumbuh tinggi menjulang dan ditutupi oleh semak belukar. Lebah apis dorsata sangat menyukai tempat persembunyian semacam ini.
Trik Kedua
Anda juga bisa mencari lebah madu dengan memperhatikan tempat-tempat yang banyak tanaman bunganya. Setiap ada bunga yang mekar biasanya lebah-lebah akan mengerumuninya. Amati dengan baik apakah ada jenis lebah madu di sana. Kemudian cobalah mengelilingi tempat tersebut. Perhatikan dari mana arah datangnya lebah ini. Umumnya lebah mempunyai kecenderungan untuk terbang secara lurus dan tidak banyak berbelok. Sedikit demi sedikit Anda pasti akan menemukan letak sarang mereka sebenarnya.
Trik yang Salah
Di sini kami juga sengaja mengulas tentang trik yang salah dalam memancing kedatangan lebah madu yang banyak beredar di internet. Tujuannya apa? Tidak lain agar Anda tidak tertipu dengan trik tersebut. Jangan buang waktu dan tenaga untuk sesuatu yang pasti tidak akan berhasil. Trik tersebut adalah menangkap seekor lebah, kemudian mengikat ekornya memakai tali yang cukup panjang. Setelah itu, lebah tadi dilepaskan lagi. Faktanya lebah tersebut cukup pintar untuk tidak langsung kembali ke sarangnya, melainkan pergi ke tempat lain sampai tali yang Anda ikatkan terlepas.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Berburu Lebah Madu di Hutan - My Budidaya "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel