-->

Cara Mencari Ratu Lebah Madu dan Menangkapnya - My Budidaya

Ratu lebah merupakan pemimpin koloni lebah madu. Boleh dibilang kalau kunci kesuksesan membudidayakan lebah madu terletak pada pemeliharaan si ratu lebah tersebut. Ratu lebah harus dirawat dengan sebaik-baiknya. Jika sampai ratu lebah ini meninggalkan stup milik Anda, maka seluruh koloninya pun akan ikut meninggalkan sarang untuk mengikuti ratu lebah. Oleh karena itu, Anda harus bisa mengenali ratu lebah.
Begitu pula sebaliknya ketika Anda hendak memindahkan lebah liar ke stup, Anda pun harus memulainya dengan menangkap ratu lebah terlebih dahulu. Setelah Anda berhasil menangkap ratu lebah, barulah kemudian dilanjutkan dengan menangkap seluruh koloni lebah. Semakin banyak jumlah lebah pekerja yang berhasil ditangkap akan semakin bagus sehingga semakin banyak pula jumlah lebah pekerja yang bakal melayani ratu lebah.
cara-mencari-ratu-lebah.jpg
Berikut ini langkah-langkah mencari ratu lebah liar dan menangkapnya!
  1. Anda harus mencari tahu terlebih dahulu sarang lebah madu liar. Cobalah cari di pohon-pohon, daerah tebing, atau pinggir sungai.
  2. Setelah menemukan sarang lebah, segera ambil sarang tersebut. Namun sebelumnya Anda harus mengenakan pakaian keamanan. Minimal pakailah sarung tangan karet.
  3. Ratu lebah memiliki ciri-ciri yaitu berukuran lebih besar daripada lebah-lebah lainnya. Biasanya ratu lebah ini tinggal di bagian tengah sarang.
  4. Anda bisa menangkap ratu lebah menggunakan tangan. Hati-hati saat menggenggam agar jangan terlalu kuat. Pastikan ratu lebah tidak terluka.
  5. Ratu lebah yang sudah tertangkap bisa dimasukkan kotak khusus yang terpisah dari koloninya. Ukurannya seperti korek dengan kawat kasa di salah satu sisinya.
  6. Anda bisa melanjutkan dengan menangkap lebah-lebah pekerja menggunakan jaring. Selanjutnya masukkan para lebah pekerja ini ke dalam kotak tertutup.
  7. Sebenarnya lebah pekerja bisa menemukan sendiri di mana ratunya berada. Namun untuk mempercepat proses tersebut, ada baiknya Anda menangkapnya langsung.
  8. Jangan lupa untuk membawa pulang juga bekas sarang lebah madu liar. Bekas sarang tersebut bisa Anda gunakan untuk memancing kedatangan lebah pekerja yang tidak berhasil ditangkap.
  9. Ratu lebah dan lebah pekerja yang telah tertangkap bisa diletakkan di bawah naungan pohon terlebih dahulu agar kondisinya lebih tenang dan tidak stres.
  10. Setelah stup yang akan ditempati lebah sudah disiapkan, kini waktunya Anda memindahkan lebah tersebut. Mulailah dengan memindahkan ratu lebih dulu. Lalu lepaskan pula lebah pekerja.
Sangat mudah bukan? Silakan Anda mencoba untuk membuktikannya sendiri.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mencari Ratu Lebah Madu dan Menangkapnya - My Budidaya "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel