-->

3 Cara Memindahkan Sarang Lebah Liar ke Kotak Stup - My Budidaya

Apis cerana merupakan spesies lebah madu yang paling banyak diternakkan di Indonesia. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendatangkan lebah madu tersebut. Salah satunya adalah berburu lebah madu. Yap, kami sudah pernah memberikan panduan bagaimana cara memburu lebah madu liar ini. Setelah Anda berhasil menemukan posisi sarangnya, sekarang waktunya untuk memindahkan sarang tersebut ke stup.
Mengapa lebah madu perlu dipindahkan ke stup? Hal ini bertujuan agar Anda lebih mudah dalam membudidayakannya. Anda sebenarnya bisa tetap membiarkan lebah-lebah berada di sarangnya, namun kontrolnya menjadi jauh lebih sulit dilakukan. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memang harus memindahkan koloni lebah-lebah tersebut. Bagaimana pun lebah yang sudah berada di kotak (stup) lebih mudah dirawat dan lebih awet.
cara-memindahkan-lebah-madu.jpg
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memindahkan lebah liar ke dalam stup, antara lain :
Trik Pertama
Temukan lebah ratunya terlebih dahulu. Setelah berhasil, tangkap lebah ratu tadi kemudian potong setengah bagian sayapnya menggunakan gunting agar tidak bisa terbang. Hati-hati saat memotongnya agar tidak mengakibatkan cedera. Setelah itu, lebah ratu ini dimasukkan ke dalam stup. Masukkan juga lebah-lebah pekerja sesegera mungkin supaya lebah ratu tidak keluar dari stup. Biarkan stup tersebut selama 1-2 hari.
Koloni lebah yang baru dipindahkan sangat mudah mengalami stres. Jadi Anda harus membuat kondisi lingkungan di sekitarnya terasa tenang. Jangan coba-coba mengusiknya dengan melihat ke dalam stup. Biasanya lebah ratu akan mencoba kabur dari stup pada pagi hari. Bila Anda melihat ratu keluar dari stup, silakan masukkan kembali. Begitu seterusnya hingga 3-4 minggu. Lewat dari masa itu, koloni lebah sudah menetap di stup yang Anda buat.
Trik Kedua
Ambil lebah ratu dari koloninya. Kemudian lebah ratu ini dikurung menggunakan kurungan khusus. Letakkan kurungan di bagian atas bagian dalam stup. Secara otomatis, lebah-lebah pekerja akan mencari lebah ratu lalu menetap di dalam stup setelah berhasil menemukannya. Biarkan lebah madu terkurung selama 10-15 hari. Lebah ratu bisa dilepaskan dari kurungan setelah membuat sisiran tala yang cukup banyak.
Trik Ketiga
Trik ketiga ini bisa dilakukan terhadap koloni lebah yang sudah dibudidayakan menggunakan stup. Jadi mohon maaf untuk koloni lebah liar tidak bisa memakai cara ini. Adapun caranya adalah Anda perlu memasukkan koloni lebah madu yang berisi lebah ratu dan lebah pekerja ke dalam stup. Lalu masukkan juga 2-3 sisiran sarang lebah madu yang diambil dari koloni lebah madu yang lain. Sisiran sarang ini harus larva lebah yang sudah tertutup.
Biarkan stup selama 3-5 jam. Kemudian Anda bisa memantau kondisi di dalam stup. Apabila lebah-lebah pekerja tampak mengerumuni sisiran frame yang berisi larva untuk mengerami dan merawatnya, artinya Anda proses memindahkan koloni lebah sudah berhasil. Koloni lebah tadi pasti akan betah tinggal di rumah barunya dan tidak mudah kabur lagi. Tinggal menunggu waktu saja sampai koloni lebah tersebut menghasilkan madu yang banyak.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "3 Cara Memindahkan Sarang Lebah Liar ke Kotak Stup - My Budidaya "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel