-->

18 Bunga Makanan Lebah Madu yang Paling Disukai - My Budidaya

Lebah madu menggunakan sebagian besar waktunya untuk mendapatkan makanan. Mereka nektar dan serbuk sari (pollen) yang terdapat di dalam bunga. Sebagian dari makanan tersebut akan dikonsumsinya sendiri. Dan sebagiannya lagi akan disimpan sebagai makanan cadangan dalam bentuk madu. Kemampuan lebah madu dalam mengelola makanan ini sangat pintar. Maka tak heran kalau mereka mampu menyimpan cadangan makanan yang begitu banyak.
Ada dua makanan utama yang dikonsumsi oleh lebah madu antara lain nektar dan serbuk sari. Keduanya sama-sama didapatkan oleh lebah madu dari dalam bunga. Lebah tersebut akan mengumpulkan nektar dan serbuk sari ini sedikit demi sedikit, lalu meletakkannya di dalam sarang. Nektar ialah cairan manis yang dihasilkan oleh tanaman dan dikumpulkannya di dalam bunga. Sedangkan serbuk sari (pollen) mengandung banyak protein.
makanan-lebah-madu.jpg
Lebah pekerja mempunyai tugas untuk mengumpulkan nektar dan serbuk sari. Mereka juga bertugas memberikan pakan kepada larva dan merawatnya. Selama 3 hari awal setelah masa kelahirannya, semua larva akan diberi pakan berupa royal jelly. Royal jelly adalah campuran madu, nektar, dan serbuk sari. Royal jelly kaya akan karbohidrat dan protein. Selang 3 hari kemudian hanya larva calon lebah ratu yang masih diberi pakan royal jelly. Sedangkan larva calon lebah pekerja diberi pakan bee bread yaitu campuran madu dan serbuk sari.
Tidak sedikit peternak lebah madu yang masih belum mengetahui jenis-jenis tanaman yang memiliki bunga dengan nektar dan serbuk sari yang melimpah. Padahal ketersediaan nektar dan serbuk sari ini begitu penting sebagai makanan bagi lebah madu. Lebah madu yang sulit mendapatkan makanannya bukan tidak mungkin kabur dari f/2018/06/begini-cara-membuat-kotak-lebah-madu.html">stup

milik Anda untuk mencari makanan di tempat lain yang banyak terdapat bunga.
Oleh sebab itu, kami selalu mewanti-wanti kepada Anda untuk melakukan survei terlebih dulu sebelum memulai usaha budidaya lebah madu. Jika memang kondisi lingkungan di tempat itu masih asri serta banyak terdapat pohon dan bunga, Anda bisa beternak lebah madu. Lebah membutuhkan nektar dan serbuk sari (pollen) yang terkandung di bunga sebagai makanannya. Penyebab gagal beternak lebah biasanya yaitu kurangnya sumber makanan di sekitar kandang.
Perlu Anda ketahui, tidak semua bunga mengandung nektar dan serbuk sari. Bahkan ada juga loh bunga yang hanya memiliki kandungan serbuk sari saja, tanpa adanya nektar di dalamnya. Dari fakta ini kemudian bisa kita simpulkan bahwa banyaknya bunga saja belum bisa menjamin keberhasilan beternak lebah. Kita harus memastikan bahwa bunga-bunga tersebut memiliki kandungan nektar dan serbuk sari yang dibutuhkan oleh lebah madu.
Berikut ini tanaman-tanaman yang bunganya banyak mengandung nektar dan serbuk sari.
  1. Alpukat (Vitis vinivera)
  2. Mahoni (Swietenia mahagoni)
  3. Wijen (Sesamum indicum)
  4. Bunga matahari (Helianthus annuus)
  5. Jeruk (Citrus sp.)
  6. Kopi (Coffea sp.)
  7. Kelapa (Cocos nucifera)
  8. Apel (Malus)
  9. Kelengkeng (Dimocarpus longan)
  10. Rambutan (Nephelium lappaceum)
  11. Kedelai (Glycine max)
  12. Mangga (Mangifera indica)
  13. Kapas (Gossypium)
  14. Durian (Durio zibethinus)
  15. Matoa (Pometia pinnata)
  16. Randu (Ceiba pentandra)
  17. Kaliandra Merah (Calliandra calothyrsus)
  18. Anggur (Vitis vinivera)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "18 Bunga Makanan Lebah Madu yang Paling Disukai - My Budidaya "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel