-->

Lima Tips Memilih Ayam Kate Indukan - My Budidaya

Butuh tips-tips dalam memilih ayam kate indukan? Ayam kate adalah ayam hias yang sering dipelihara oleh manusia. Ciri khas ayam ini adalah ukuran tubuhnya yang mungil, jauh lebih kecil daripada ayam-ayam pada umumnya. Itu sebabnya, kita tidak membutuhkan pakan yang begitu banyak saat memeliharanya. Ayam kate juga bisa diibaratkan tanaman bonsai karena meskipun ukurannya kecil tetapi harganya mahal.
Budidaya ayam kate sebaiknya dimulai dari membeli indukannya. Kenapa? Hal ini disebabkan dari kedua ayam indukan yang kita beli bisa beranak-pinak sehingga menguntungkan sekali. Selain itu, ayam kate yang sudah memasuki masa indukan memiliki daya tahan yang sangat baik dan tidak mudah sakit. Berbeda dengan anakan ayam kate, meskipun harganya lebih murah tetapi rentan mati sebab tubuhnya belum terlalu kuat.
cara-memilih-ayam-kate.jpg
Bagi Anda yang ingin membeli ayam kate indukan, kami beri tahukan bagaimana cara memilihnya!
  1. Beli di Penangkaran Langsung
Ayam kate yang akan digunakan sebagai indukan sebaiknya dibeli di penangkaran langsung. Hindari membelinya di pasar hewan. Di penangkaran, banyak tersedia ayam kate yang sudah layak dijadikan indukan sehingga Anda pun bebas lebih bebas memilihnya. Perhatikan baik-baik kualitas warna, bentuk, dan ukuran ayam kate tersebut. Pilih ayam yang paling bagus di antara yang lain.
  1. Kondisinya Betul-betul Sehat
Anda harus memilih ayam kate yang kondisinya sehat sebab perawatannya jauh lebih mudah. Kesehatan ayam bisa diuji dengan memberikan pakan. Ayam kate yang memiliki respons cepat terhadap pakan merupakan ayam sehat. Ayam ini juga aktif bergerak ke seluruh area kandang. Sebaliknya ayam yang sedang sakit terlihat lemas seperti tidak berdaya.
Kemudian lakukan pula pengecekan ke sekujur tubuh ayam kate tersebut. Ayam kate yang sehat mempunyai tubuh yang normal atau tidak cacat. Bagian mata ayam ini juga tampak berwarna jernih, berbinar-binar, serta tidak mengalami bengkak. Jangan lupa memperhatikan jenggernya, ayam yang sehat selalu memiliki jengger berwarna merah merona, bukan merah kebiruan.
  1. Cari Tahu Berapa Umurnya
Usia ayam kate yang akan dijadikan calon indukan diusahakan jangan terlalu muda atau terlalu tua. Usia yang paling pas adalah ayam jantan sekitar 4-5 bulan dan ayam betina sekitar 5-6 bulan. Ayam kate yang usianya sudah terlalu tua memiliki tingkat produktivitas yang rendah. Kalau pun bertelur, tingkat keberhasilan telur tadi menetas sangat rendah. Sedangkan bila Anda membeli ayam yang masih terlalu muda, Anda membutuhkan biaya lebih untuk memeliharanya sampai siap berproduksi.
Anda bisa mengetahui ayam kate tersebut sudah terlalu tua atau belum dengan memeriksa kondisi fisiknya. Ayam kate yang sudah tua biasanya memiliki jengger yang panjang dan tidak tegak. Warna bulunya pun sudah tampak usang. Biasanya banyak bulu di area leher atau dada yang sudah rontok. Kemudian ayam kate yang sudah tua umumnya mempunyai jalu yang cukup panjang.
  1. Beli Secara Berpasangan
Dianjurkan untuk membeli ayam kate yang sudah mempunyai pasangannya sejak dari kandang si penjual. Ini artinya ayam kate indukan tersebut telah siap melakukan perkawinan sehingga Anda tinggal melakukan pemanenan saja tanpa perlu memasangkannya terlebih dahulu. Kedua ayam kate indukan tersebut sudah merasa cocok satu sama lain. Coba tanyakan langsung kepada si penjual untuk mengetahuinya.
  1. Bentuk, Ukuran, dan Warna
Ayam kate merupakan ayam hias sehingga penting bagi Anda untuk memperhatikan keindahannya. Ayam jantan yang bagus ditandai dari ukurannya yang lebih besar daripada ayam betina. Tubuh yang besar ini juga sangat diperlukan oleh ayam tersebut pada saat melakukan perkawinan. Ayam kate jantan yang ukurannya terlalu mungil mudah dikalahkan oleh betinanya.
Lalu untuk warnanya sebisa mungkin pilih ayam kate yang berwarna cerah. Para penghobi juga sangat menyukai ayam kate yang warnanya emas, rinting, dan ada bintik-bintik di dadanya. Lebih bagus lagi kalau Anda berhasil menemukan indukan yang warnanya membentuk pola tertentu. Mayoritas anakan ayam kate akan mempunyai warna bulu menyerupai indukannya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Lima Tips Memilih Ayam Kate Indukan - My Budidaya "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel