-->

5 Cara Efektif Meningkatkan Nafsu Makan Bebek - My Budidaya

Bagaimana cara meningkatkan nafsu makan bebek petelur? Semua peternak bebek, khususnya bebek pedaging, tentu menginginkan agar bebek peliharaannya tersebut memiliki nafsu makan yang tinggi. Semakin banyak jumlah pakan yang dikonsumsi oleh seekor bebek, maka semakin cepat pula tingkat pertumbuhannya. Hal ini sejalan dengan target pasar yang sangat menitikberatkan bobot bebek. Berbeda dengan bebek petelur yang sebaiknya diberi pakan sewajarnya untuk menjaga kestabilan produktivitas.
Setidaknya terdapat lima faktor yang mempengaruhi tingkat responsifitas bebek terhadap pakan yang diberikan untuknya. Di antaranya meliputi kondisi kesehatan bebek, temperatur udara, kadar amoniak di dalam kandang, tingkat stres bebek, serta kualitas pakan dan air. Apabila kelima faktor di atas sudah berhasil kita kontrol dengan baik tetapi bebek masih terlihat enggan makan berarti Anda harus memberikan perlakuan khusus yang bertujuan untuk meningkatkan nafsu makannya.
meningkatkan-nafsu-makan-bebek.jpg
Berikut di antaranya :
  1. Menambahkan Penyedap Rasa ke Pakan
Ternyata bukan hanya manusia yang suka dengan penyedap rasa, bebek pun sangat menyukai pakan yang telah diberi tambahan vetsin/MSG ini. Penambahan penyedap rasa sebanyak 3 gram/kg pakan terbukti mampu meningkatkan nafsu makannya. Bebek pun kian lahap menghabiskan pakan yang telah diberi tambahan vetsin sehingga tingkat pertumbuhannya pun naik drastis. Namun dihimbau untuk tidak berlebihan dalam menambahkan penyedap rasa karena dapat mempengaruhi kesehatan bebek tersebut.
  1. Memberikan Jamu Daun Pepaya
Daun pepaya sudah lama dikenal dapat dibuat menjadi obat penambah nafsu makan. Begitu pula untuk bebek, air daun pepaya bisa diberikan supaya nafsu makannya meningkat. Daun pepaya mengandung flavanoid yang dapat memperbaiki daya tahan tubuh serta mencegah timbulnya nyeri di dalam perut. Rutin memberikan air daun pepaya akan membuat bebek senantiasa segar dan bugar sehingga nafsu makannya pun terjaga.
  1. Mencampurkan Obat-obatan Herbal
Ada cukup banyak tanaman herbal yang berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan bebek. Anda bisa menggunakan kunyit, bawang putih, temulawak, brotowali, lempuyang, dan temu ireng. Pemberian obat-obatan herbal ini akan merangsang peningkatan kebutuhan glukosa yang banyak tersedia di pakan. Dalam pemberiannya, obat herbal ini bisa diberikan langsung begitu saja atau dicampurkan dengan pakan bebek.
  1. Menuangkan Probiotik ke Pakan
Probiotik banyak mengandung bakteri baik yang dapat menjaga fungsi sistem pencernaan di dalam perut bebek. Anda juga bisa menggunakan synbiotic yang merupakan campuran karbohidrat dan probiotik. Kedua produk ini sudah dijual bebas di pasar hewan sehingga Anda dapat menemukannya dengan mudah. Berikanlah probiotik/synbiotic dengan takaran sesuai petunjuk di kemasannya.
  1. Membuat Kondisi Pakannya Basah
Bebek jelas tidak menyukai pakan yang kondisinya kering. Jika dipaksakan, ia hanya akan memakan sedikit dari pakan tersebut. Itu sebabnya, Anda harus selalu memberikan pakan yang basah. Pastikan pakan tersebut mengandung air dengan kadar yang berkisar antara 18-20 persen. Pemberian pakan dalam jumlah yang secukupnya dan berulang lebih baik daripada memberikannya pakan dalam jumlah banyak sekaligus.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Cara Efektif Meningkatkan Nafsu Makan Bebek - My Budidaya "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel