-->

Hewan-hewan yang Puasa Layaknya Manusia - My Budidaya

my-budidaya.blogspot.com - Kita sebagai umat muslin wajib menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadhan. Secara prinsip, puasa artinya menahan diri dari makan, minum, dan perbuatan-perbuatan lain yang dapat membatalkannya. Ternyata eh ternyata, puasa tidak hanya dilakukan oleh manusia saja loh. Faktanya beberapa hewan melakukan suatu perbuatan yang mirip seperti ibadah puasa yang biasa dilaksanakan oleh manusia.
Beberapa di antaranya yaitu :
  1. Unta sanggup berjalan jauh di gurun pasir tanpa makanan dan minuman.
  2. Beruang mampu bertahan hidup selama 10 minggu tanpa makan dan minum.
  3. Kukang menghabiskan sepanjang waktu siang harinya untuk tidur.
  4. Ular sengaja melakukan puasa untuk menghangat suhu badannya.
  5. Ayam betina juga berpuasa saat mengerami telur agar suhu badannya lebih hangat.
  6. Ulat akan berpusa selama dalam fase kepompong untuk menjadi kupu-kupu.
  7. Penguin bisa bertahan hidup tanpa makan dan minum selama 2-4 bulan.
  8. Hiu putih raksasa juga bisa hidup beberapa minggu tanpa makanan.
  9. Katak dapat tidur terus selama 16 bulan selama masa hibernasi.
  10. Buaya bisa bertahan hidup hingga 3 tahun lamanya tanpa makanan.
hewan-hewan-yang-puasa.jpg
Kami akan mencoba memberikan penjelasan pada beberapa hewan di atas beserta alasan dan tujuannya ia berpuasa.
Unta
Unta dikenal sebagai salah satu hewan yang memiliki daya tahan yang luar biasa. Binatang ini mampu bertahan hidup di tempat-tempat yang kondisinya ekstrem tanpa makan dan minum. Apalagi habitat alaminya yang berada di gurun pasir membuat unta sulit menemukan rumput sebagai makanannya. Rahasia kekuatan unta ternyata ada pada punuk yang menjadi tempat menyimpan cadangan makanan. Di punuk ini tersimpan setidaknya 40 kg lemak yang bisa dimanfaatkan sewaktu-waktu sebagai sumber energi.
Ayam
Khususnya ayam betina akan melakukan puasa selama dia mengerami telur-telurnya. Durasi waktunya mencapai 21-23 hari. Tujuan ayam berpuasa ialah menghangatkan suhu badan sehingga bisa dipakai untuk mengerami telur. Selama proses ini berlangsung, ayam betina tak akan melakukan aktivitas lain selain mengerami telur. Dia hanya keluar sejenak dari kandang untuk mencari makan sebentar, lalu segera kembali ke telurnya lagi. Demikian ayam betina ini melakukannya hingga telur-telurnya berhasil menetas.
Ular
Ular akan berpuasa selama beberapa hari setelah dia memangsa makanannya. Waktunya beragam tergantung ukuran mangsa yang berhasil didapatkan. Rata-rata berkisar antara 2-3 minggu. Tujuan ular berpuasa yaitu menjaga sistem pencernaan di dalam tubuhnya supaya tetap stabil. Selama berpuasa, ular tidak akan melakukan aktivitas apapun. Dia akan berdiam diri dan menyendiri dengan cara bersembunyi. Ular juga akan melakukan puasa saat hendak berganti kulit supaya suhu badannya naik.
Ulat
Ulat merupakan binatang yang mengalami proses metamorfosis secara sempurna. Usaha yang harus dilakukan oleh seekor ulat untuk menjadi kupu-kupu sangatlah berat. Khususnya ketika fase kepompong, dia harus berpuasa sama sekali tidak makan dan minum selama beberapa hari. Waktunya sekitar 16-18 hari. Ulat harus mampu menahan rasa lapar dan dahaga dalam kurun waktu selama itu agar dia bisa berubah menjadi kupu-kupu yang begitu indah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Hewan-hewan yang Puasa Layaknya Manusia - My Budidaya "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel