-->

4 Cara Mengatasi Lalat Pada Peternakan Sapi - My Budidaya

Bagaimana cara mengatasi lalat pada peternakan sapi? Populasi lalat di area peternakan akan mengalami peningkatan yang sangat drastis pada musim penghujan. Tidak hanya mengganggu, keberadaan lalat-lalat ini pun dapat menimbulkan serangan penyakit pada binatang ternak. Apalagi jika ada luka yang terdapat di tubuh binatang tersebut, maka lalat pun akan menggerogotinya dengan senang hati sehingga mengakibatkan lukanya semakin parah.
Mau tidak mau Anda harus serius dalam menanggulangi hama yang satu ini. Masalahnya bila Anda setengah hati dalam mengatasinya, populasi lalat tidak akan pernah habis. Serangga yang satu ini dikenal mudah sekali berkembang biak. Seekor induk lalat dewasa mampu menghasilkan puluhan telur yang siap menetas menjadi lalat-lalat baru. Bisa Anda bayangkan sendiri seberapa cepatkah lalat-lalat ini menghasilkan keturunannya.
Kondisi kandang ternak tentu berpengaruh besar terhadap eksistensi lalat-lalat di dalamnya. Semakin kotor kandang tersebut artinya semakin banyak pula sumber pangan yang bisa dimakan oleh lalat untuk mendukung kehidupannya. Terlebih apabila didukung oleh tingkat kelembaban yang cukup tinggi, lalat pun akan betah tinggal di dalamnya. Jadi Anda harus senantiasa membersihkan kandang secara rutin.
cara-mengatasi-lalat-di-kandang.jpg
Kemudian untuk memberantas lalat-lalat yang sudah bersarang di kandang tersebut bisa dilakukan dengan beberapa metode di bawah ini!
  1. Kertas Anti-lalat
Ini merupakan cara yang paling mudah dan murah untuk menangkap lalat-lalat yang ada di dalam peternakan sapi. Kertas anti-lalat berbentuk kertas yang dilapisi lem perekat sangat kuat di permukaannya. Lem tersebut mempunyai aroma khusus yang dapat mengundang lalat untuk datang menghampirinya. Begitu lalat hinggap di atas kertas ini, maka ia tidak akan meloloskan diri karena kakinya sudah menempel sangat kuat dengan lem. Anda bisa membeli kertas anti-lalat di www.alatperabotan.com.
  1. Obat Kimia Semprot
Kalau Anda mempunyai waktu yang cukup banyak untuk menyemprot lalat, gunakan saja obat kimia khusus. Anda bisa mencoba Ralat atau Triclorflor yang bisa dibeli secara online di www.alatperabotan.com. Sebelum menggunakannya, Anda harus mengencerkan 1 tutup botol obat ini dengan 1 liter air bersih, lalu aduk sampai tercampur rata. Lalat yang terkena semprotan obat ini akan langsung jatuh dan mati. Anda tidak perlu khawatir sebab obat-obat ini aman kok bagi kesehatan sapi.
  1. Bahan Organik Alami
Anda bisa membuat sendiri obat alami untuk memberantas lalat. Siapkan biji mahoni, kemudian tumbuk sampai menjadi serbuk halus. Masukkan hasil tumbukan tersebut ke dalam mangkuk dan tambahkan tembakau. Tuangkan air panas ke mangkuk, lalu aduk supaya tercampur merata. Setelah suhu air menjadi dingin, saringlah untuk diambil airnya saja. Setelah itu, tambahkan sampo untuk memperkuat efek racun cairan sekaligus sebagai perekat. Anda bisa menyemprotkan cairan ini langsung ke arah lalat.
  1. Bakar-bakaran Sampah
Setidaknya terdapat dua faktor utama yang mempengaruhi jumlah populasi lalat di kandang ternak sapi yaitu ketersediaan pakan dan kelembaban udara. Untuk mengatasi kedua masalah tersebut, Anda sebenarnya hanya perlu membakar sisa pakan sapi. Jangan pernah biarkan sisa pakan tersebut menumpuk di salah satu sudut kandang. Bakarlah serutin mungkin langsung di dalam kandang sapi tersebut sekaligus untuk membunuh larva-larva lalat dan meningkatkan suhu udaranya. Anda harus berhati-hati jangan sampai api merembet ke struktur bangunan yang justru akan mengakibatkan kebakaran.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 Cara Mengatasi Lalat Pada Peternakan Sapi - My Budidaya "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel