-->

3 Cara Mengatasi Kandang Ayam yang Bau - My Budidaya

Bagaimana cara mengatasi kandang ayam yang bau? Beternak ayam pedaging atau ayam petelur bisa menjadi pilihan yang bijak bagi Anda yang ingin mencoba peruntungan di bidang peternakan. Tingkat permintaan pasar akan daging ayam dan telur ayam yang begitu tinggi membuat harganya terbilang cukup stabil. Jenis unggas yang satu ini juga relatif mudah untuk dipelihara. Anda hanya perlu menyediakan kandang yang layak serta pakan bergizi agar ayam-ayam yang dipelihara dapat tumbuh dengan baik.
Ada satu kekurangan dari beternak ayam yaitu kotorannya yang memiliki bau busuk yang sangat menyengat. Perlu Anda ketahui, faktor yang sangat mempengaruhi bau kotoran ayam ialah protein. Semakin banyak protein yang terkandung di dalamnya, semakin busuk pula aroma kotoran ayam tadi. Ayam membutuhkan pakan yang kaya akan protein untuk mempercepat pertumbuhannya. Selain itu, banyaknya sisa pakan yang tidak tercerna dengan sempurna juga berpengaruh besar terhadap bau kotoran ayam.
Di dalam sistem membudidayakan ayam, Anda harus memperhatikan kondisi kandang sebagai tempat tinggal ayam. Pastikan kandang tersebut senantiasa bersih sehingga kesehatan ayam yang hidup di dalamnya terjamin. Jika kotor, kandang tidak hanya bakal menjadi sarang bibit penyakit, tetapi baunya juga sangat busuk. Oleh karena itu, penting sekali untuk memperhatikan aspek kebersihan kandang ayam dan tidak boleh mengacuhkannya.
mengatasi-kandang-ayam-bau.jpg
Ada beberapa metode yang dapat dikerjakan supaya kandang ayam tidak terlalu bau, antara lain :
  1. Probiotik
Anda perlu memberikan probiotik secara berkala kepada semua ayam peliharaan. Probiotik merupakan bakteri pengurai protein yang sangat berguna untuk mendukung kesehatan ayam. Jadi kandungan bakteri yang terdapat di dalam probiotik ini akan membantu menghancurkan protein di dalam sistem pencernaan ayam. Sehingga proses penyerapan protein di metabolisme ayam menjadi lebih maksimal. Selain dapat mengurangi ketajaman bau kotoran, metode ini juga akan mempercepat pertumbuhan ayam.
  1. Mikroorganisme
Tidak hanya mikroorganisme jahat, ada pula mikroorganisme baik yang bermanfaat sekali untuk mendukung pertumbuhan ayam ternak. Kami pernah memberikan resep pembuatannya di sini. Ramuan ini pada dasarnya mirip seperti probiotik, tetapi terbuat dari bahan-bahan herbal sehingga lebih aman digunakan. Manfaatnya pun sama persis yakni mempercepat tingkat pertumbuhan ayam serta mengurangi aroma busuk pada kotorannya.
  1. Desinfektan
Kotoran ayam memiliki bau busuk yang teramat menyengat karena di dalamnya ada aktivitas yang dilakukan oleh bakteri. Semakin banyak jumlah bakteri yang mengerubungi suatu kotoran, maka semakin tajam pula aromanya. Anda perlu membinasakan bakteri-bakteri tersebut agar kandang tidak berbau busuk. Caranya bisa dilakukan dengan mengaplikasikan desinfektan ke seluruh sudut ruangan. Desinfektan sederhana bisa dibuat dengan mencampurkan air, deterjen, tembakau, dan pemutih pakaian secara merata.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "3 Cara Mengatasi Kandang Ayam yang Bau - My Budidaya "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel