-->

Mencegah dan Mengobati Penyakit Pilek Pada Ayam - My Budidaya

Bagaimana cara mencegah penyakit pilek pada ayam? Bagaimana pula cara mengobati ayam yang sudah terserang penyakit pilek? Penyakit pilek yang menyerang ayam-ayam peliharaan Anda tergolong sebagai penyakit yang berbahaya. Apa sebabnya? Hal ini dikarenakan penyakit pilek tersebut dapat menyebar luas dalam waktu yang sangat cepat menyerang ke hampir semua jenis ayam tanpa memandang bulunya.
Ayam yang tengah dilanda penyakit pilek biasanya menunjukkan perubahan pada pola makan dan tingkah lakunya. Pergerakan ayam tersebut mendadak berubah menjadi lebih pasif dan pendiam. Nafsu makannya pun ikut menghilang. Ayam tampak sering bersin serta kepalanya sering digoyang-goyangkan. Jika tidak diobati secepat mungkin, kondisi penyakit tersebut akan bertambah parah. Ayam akan mengeluarkan cairan kental dari lubang hidung dan mata yang dapat mengganggu sistem pernapasannya.
Tahukah Anda, apakah penyebab timbulnya penyakit pilek yang menyerang ayam? Tidak lain adalah bakteri Haemophilus galloinarum. Bakteri ini dapat menyebar secara cepat melalui makanan, minuman, dan udara. Jadi bila ada seekor ayam yang terindikasi sedang terkena penyakit pilek harus lekas dipindahkan ke kandang karantina agar tidak menularkan bakteri Haemophilus galloinarum ke ayam yang lain.
pencegahan-pengobatan-ayam-pilek.jpg
Pencegahan Penyakit Pilek Pada Ayam
Langkah pencegahan dasar yang harus dilakukan oleh semua peternak supaya ayam-ayam peliharaannya tidak terserang penyakit ialah memastikan kondisi kandang selalu bersih dan tidak lembab. Kemudian berikan antibiotik secara berkala seperti streptomycin dan sulfanilamida yang terbukti dapat meningkatkan sistem imunitas ayam sehingga tidak gampang sakit. Vaksinasi ayam menggunakan corryta naccin dan vaksin snot juga wajib dilaksanakan secara berkala pada umur 2 minggu, 1 bulan, 3 bulan, serta menjelang usia dewasa.
Pengobatan Penyakit Pilek Pada Ayam
Ada banyak obat yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit pilek yang menyerang ayam. Contohnya antara lain neofet, kapsul anti snot, atau bubuk coryuit. Dosis pemakaian dan cara penggunaan obat biasanya sudah tercantum di bagian kemasannya sehingga harus diikuti dengan benar.
Penyakit pilek pada ayam pun dapat disembuhkan menggunakan cairan streptomycim. Pemberian carian ini dilakukan melalui penyuntikan dengan dosis sebanyak 0,2 cc/suntikan/hari. Suntiklah ayam yang sedang sakit pilek tepat pada leher bagian belakangnya. Proses penyuntikan harus dilaksanakan selama 5 hari berturut-turut.
Beberapa obat pilek yang biasa dikonsumsi oleh manusia ditengarai juga bisa dipakai untuk menyembuhkan ayam yang sedang terserang pilek. Obat tersebut apalagi kalau bukan bodrex dan refagan. Cara pemberiannya cukup mudah. Larutkan sebutir tablet obat tadi dengan 1 sendok makan air. Lalu larutan obat tadi diminumkan kepada ayam yang sakit.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mencegah dan Mengobati Penyakit Pilek Pada Ayam - My Budidaya "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel