-->

Cara Memelihara Burung Kakatua yang Tepat - My Budidaya

Anda membutuhkan tips-tips dalam memelihara burung kakatua? Burung kakatua bisa dikatakan sebagai salah satu burung yang sangat luar biasa. Kenapa? Sebab burung yang satu ini sangat menarik dengan bulunya yang berwarna putih bersih dan terasa lembut serta jambul kuningnya yang menggoda mata. Burung kakatua juga memiliki rasa keingintahuan yang tinggi sekali. Burung kakatua senang berinteraksi dengan manusia dan bisa diajarkan mengucap sepatah dua patah kata.
Tak hanya sebatas itu, burung kakatua juga mempunyai tingkat laku yang sangat lucu dan menggemaskan. Burung ini akan membentangkan kedua sayapnya, menaikturunkan leher kepalanya, serta menari atau berteriak ketika menginginkan sesuatu. Dijamin deh Anda sekeluarga bakal terhibur dengan adanya burung kakatua di rumah. Namun sebelum Anda memutuskan untuk membelinya, cari tahu terlebih dahulu bagaimana sih caranya merawat burung kakatua. Faktanya memelihara burung kakatua itu tidak gampang.
cara-memelihara-burung-kakatua.jpg
Di bawah ini kiat-kiat terbaik untuk memelihara burung kakatua!
  1. Ajak Burung Kakatua Selalu Berinteraksi
Burung kakatua bukan sekadar burung peliharaan, tetapi burung ini termasuk partner atau sahabat Anda layaknya burung hantu. Itu sebabnya, Anda harus senantiasa menyediakan waktu yang cukup untuk berinteraksi dengan burung ini. Cobalah mengajaknya bermain-main atau membelainya untuk menunjukkan rasa sayang Anda. Burung kakatua yang terus dibiarkan terkurung di dalam sangkar akan menjadi stres hingga kesehatannya menurun.
  1. Mandikan Burung Kakatua Secara Rutin
Burung kakatua wajib dimandikan minimal setiap seminggu sekali. Mandi bertujuan untuk membersihkan seluruh tubuh burung tersebut dari debu, kotoran, dan kutu yang menempel di sekujur badannya. Burung yang rutin dimandikan dengan benar juga akan mempunyai bulu yang warnanya putih bersih, aromanya wangi, serta teksturnya lembut. Mulailah dengan menyemprotkan air ke arah burung tersebut. Setelah sudah terbiasa, Anda bisa memandikannya langsung di bawah pancuran.
  1. Berikan Makanan yang Bergizi Tinggi
Bagaimana pun burung kakatua adalah burung yang sangat spesial. Selain karena harganya yang mahal, burung ini juga sangat eksotik dan pandai. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar memperhatikan asupan gizi yang dikonsumsi burung kakatua peliharaan Anda. Burung kakatua merupakan binatang herbivora. Burung ini paling suka dengan biji-bijian, buah-buahan, dan sayur-mayur. Sesekali Anda pun boleh memberikan makanan yang kaya protein untuk mendukung pertumbuhannya.
  1. Tempatkan Burung Kakatua di Kandang Khusus
Anda harus menyediakan dua kandang sekaligus sebagai tempat tinggal burung kakatua. Kandang yang pertama berbentuk sangkar burung yang ukurannya harus disesuaikan dengan postur tubuh kakatua peliharaan Anda. Sedangkan kandang kedua berupa tongkat untuk bertengger burung kakatua tersebut. Letakkan burung di dalam sangkar hanya pada saat Anda sedang sibuk dan tidak mempunyai waktu untuk mengawasi burung kakatua sehingga ia tetap aman. Jika Anda sudah memiliki waktu cukup untuk bermain-main lagi, silakan pindahkan kembali burung kakatua ke tenggeran.
  1. Latih Burung Kakatua Berbicara
Salah satu keistimewaan burung kakatua ialah dapat menirukan suara manusia sehingga seolah-olah ia sedang berbicara. Memang sulit sekali untuk melatih burung kakatua mengucapkan kata. Tetapi burung kakatua yang sudah pandai berbicara akan mempunyai nilai yang sangat tinggi. Maka dari itu, jangan lewatkan kesempatan Anda untuk membuat burung tersebut berbicara. Latihan bisa dimulai dengan pengucapan kata-kata yang sederhana misalnya hai atau halo.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Memelihara Burung Kakatua yang Tepat - My Budidaya "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel