-->

4 Trik Melatih Burung Nuri agar Pandai Bicara - My Budidaya

Bagaimana cara melatih burung nuri agar pandai bicara seperti manusia? Burung nuri () adalah burung yang termasuk dalam keluarga di genus. Ini merupakan burung endemik asli dari Indonesia, tepatnya Maluku dan Papua Barat. Burung ini sangat indah dengan warna bulu yang didominasi oleh merah dan hijau. Ukurannya sedang dengan besar tubuh kurang lebih 35 cm. Maka tak heran, ada banyak sekali orang yang tertarik untuk memilikinya walaupun mahar untuk menebusnya juga sangat mahal.
Sebagai burung asli Indonesia, masyarakat kita sudah cukup akrab dengan burung nuri. Burung ini memang sangat menarik dengan warna bulunya yang cerah dan suaranya yang merdu. Bahkan dengan kepandaian yang dimilikinya, burung nuri pun dapat menirukan suara manusia layaknya burung kakatua. Sungguh disayangkan apabila Anda sudah mempunyai burung nuri, namun tidak melatihnya berbicara dan hanya menjadi pajangan saja. Padahal dengan perawatan khusus secara rutin, Anda pun bisa melatihnya sendiri.
cara-melatih-burung-nuri.jpg
Di bawah ini panduan dasar yang bisa Anda coba sendiri untuk melatih burung nuri supaya bisa berbicara!
  1. Buat Merasa Nyaman
Anda harus membuat burung nuri merasa nyaman dengan Anda terlebih dahulu sebelum dapat memberikannya latihan. Hal yang paling mendasar ialah kandang. Sebagai burung liar, burung nuri terbiasa hidup di lingkungan bebas di tempat aslinya. Jadi jangan pernah memasukkan burung tersebut ke dalam sangkar tertutup. Kandang yang layak untuk burung nuri berupa potongan pipa besi sebagai tempatnya bertengger. Lalu ikat salah satu kaki burung nuri menggunakan rantai yang kecil. Nantinya setelah burung nuri telah benar-benar menjadi jinak, Anda bisa melepaskan rantainya.
  1. Mandikan Setiap Hari
Manjakanlah burung nuri untuk memperkuat keakrabannya dengan diri Anda. Anda harus membuat burung ini memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap Anda. Salah satunya dengan memandikannya setiap hari memakai semprotan air. Semprotkanlah air ke seluruh tubuh burung nuri kecuali bagian telinganya. Setelah itu, jemur dia di bawah sinar matahari pagi yang masih terasa hangat. Dengan begini, burung tersebut pasti akan merasa bahagia karena sudah dirawat dengan baik oleh Anda.
  1. Makanan yang Bergizi
Burung nuri adalah binatang herbivora. Makanan kesukaannya ialah buah-buahan yang memiliki tekstur daging yang lembut dan rasanya manis. Di antaranya yaitu pisang, pepaya, melon, labu, mangga, dan lain-lain. Tak perlu bingung kapan waktu yang paling tepat untuk memberikan makan kepada burung nuri. Sebab burung nuri pasti akan berteriak atau mengeluarkan suara melengking saat dirinya sudah merasa lapar. Nah, pada saat itulah Anda harus segera memberinya makanan yang cukup. Pemberian makanan yang bervariasi sangat penting dilakukan untuk menghindari burung nuri merasa bosan dan tidak nafsu makan.
  1. Putar Kaset Rekaman
Setelah Anda merasa yakin kalau burung nuri sudah akrab dengan Anda, barulah mulai latihannya. Triknya adalah putar audio kaset yang berisi rekaman dari suara burung nuri lain yang sudah pandai berbicara. Putar audio tersebut selama 3-60 menit dan jangan terus-menerus karena bisa mengakibatkan burung menjadi stres. Anda juga bisa mengajaknya berbicara langsung untuk membangun interaksi yang baik. Lama-kelamaan burung nuri akan menirukan suara yang kerap didengarnya mulai dari suara yang sederhana seperti hai, halo, iya, dan lain-lain.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 Trik Melatih Burung Nuri agar Pandai Bicara - My Budidaya "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel