-->

Cara Meningkatkan Produktivitas Ayam Petelur - My Budidaya

Bagaimana cara meningkatkan produktivitas ayam petelur? Ayam petelur adalah jenis ayam khusus yang mempunyai tingkat produktivitas yang tinggi dalam menghasilkan telur. Ayam ini sanggup memproduksi telur dalam jumlah yang jauh lebih banyak daripada jenis-jenis ayam yang lain. Setelah memasuki masa bertelur, ayam petelur mampu menghasilkan sebutir telur setiap hari. Bahkan ada pula ayam petelur yang bisa bertelur hingga sebanyak 2 butir per hari. Anda bisa mencoba membudidayakan ayam ini untuk memperoleh pendapatan.
Kami memahami bahwa sebagi kpeternak ayam petelur, Anda menginginkan hasil yang sebesar-besarnya. Setidaknya terdapat dua faktor yang mempengaruhi usaha peternakan ayam petelur yaitu harga jual telur serta tingkat produktivitas ayam dalam menghasilkan telur. Anda tidak mampu menentukan harga jual telur sebab kondisi pasarlah yang mempengaruhinya. Perihal yang dapat Anda lakukan ialah berusaha menaikkan performa produksi telur melalui langkah manajemen pemeliharaan ayam petelur yang baik dan benar.
 meningkatkan-produksi-ayam-petelur.jpg
Berikut ini upaya-upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan produktivitas ayam petelur yang Anda budidayakan :
Pengaturan Intensitas Pencahayaan Ayam
Ayam petelur idealnya harus mendapatkan cahaya selama 13-16 jam per hari. Cahaya ini akan menstimulasi hipotalamus pada ayam petelur yang kemudian akan diteruskan ke kelenjar-kelenjar tubuh seperti hipofisa tiroid dan paratiroid untuk memproduksi hormon. Kelenjar hipofisa ini akan mensterilkan follicle stimulating hormon (FSH) dan luteinizing hormon (LH). Perlu Anda ketahui, FSH berguna untuk mematangkan sel telur (folikel) pada indung telur (ovarium). Sedangkan LH memiliki peranan penting dalam proses ovulasi. Kedua hormon ini yang dibutuhkan oleh ayam agar dapat membentuk sebutir telur.
Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit
Ayam petelur yang kondisinya sehat selalu memiliki performa yang tinggi dan stabil dalam menghasilkan telur. Oleh sebab itu, Anda perlu menjaga kesehatan ayam supaya terhindari dari virus, bakteri, atau mikroorganisme lain. Seringkali penurunan produksi telur merupakan salah satu gejala awal serangan wabah penyakit. Gejala-gejala lainnya seperti badan lesu, bulu kusam, mata berair, hidung mengeluarkan ingus, bulu rontok, dan ayam sering bersin harus diwaspadai. Penanggulangan terhadap serangan penyakit harus segera dilakukan sebelum menyebar luas dan menjadi wabah.
Peremajaan Ayam Petelur
Ayam bisa berproduksi secara efisien selama dua siklus masa bertelur. Setelah dua tahun berlalu, produktivitasnya pasti akan menurun. Semakin tua usia seekor ayam, maka semakin sedikit pula telur yang mampu dihasilkannya. Rata-rata ayam petelur memiliki produksi telur yang paling baik di tahun pertama. Sementara ayam yang termasuk bibit unggul mampu tetap bertelur dengan baik selama 2-3 tahun. Ayam petelur yang tinggi produktivitasnya akan bertelur dalam waktu 50-60 minggu per siklus masa bertelur. Anda harus siap melakukan peremajaan ketika ayam tersebut sudah turun produksinya dan tidak ekonomis lagi.
Pencegahan Ayam Menjadi Stres
Ayam merupakan salah satu binatang ternak yang gampang mengalami stres. Kondisi kandang ayam yang kotor, tempat yang terlalu sempit, ventilasi udara yang buruk, lingkungan yang berisik, dan pemberian makan yang tidak sesuai bisa menjadi pemicunya. Stres akan mengakibatkan ayam jatuh sakit sehingga produksi telurnya bakal menurun drastis. Anda harus memelihara kondisi ayam dengan baik supaya terhindari dari stres. Silakan coba berikan multi-vitamin selama 5 hari berturut-turut untuk mengatasi ayam yang menunjukkan gejala awal terkena stres.
Pemberian Nutrisi Tambahan
Anda bisa memberikan probiotik sebagai nutrisi tambahan untuk mencukupi gizi yang dibutuhkan oleh ayam petelur. Pemakaian probiotik ini menjadi upaya yang efektif untuk meningkatkan produktivitas serta efisiensi penggunaan pakan. Probiotik sendiri merupakan mikroorganisme yang hidup di dalam makanan suplemen. Ini adalah mikroorganisme yang baik dan memberikan keuntungan pada ayam. Probiotik mampu meningkatkan keseimbangan mikroorganisme di dalam tubuh ayam, khususnya di bagian saluran pencernaan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Meningkatkan Produktivitas Ayam Petelur - My Budidaya "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel