-->

5 Tanda-tanda Utama Itik akan Bertelur - My Budidaya

Bagaimana tanda-tanda itik akan bertelur? Sebagai peternak itik, Anda wajib memahami tingkah laku dan kebiasaan itik-itik peliharaan Anda. Sehingga Anda bisa segera memberikan penanganan yang tepat apabila ada salah satu itik yang bertindak aneh di luar kebiasaannya. Dengan pemahaman Anda yang baik tentang itik ini, diharapkan Anda dapat memperoleh hasil yang maksimal dari usaha budidaya itik.
Anda tidak perlu khawatir sebab tidak sedikit peternak itik pemula seperti Anda yang masih bingung dengan itik. Mereka sering merasa panik akibat ketakutan sendiri manakala melihat itiknya bertindak aneh. Padahal keanehan perilaku itik ini biasanya justru menandakan kalau itik tersebut sudah memasuki fase bertelur. Itik tadi menunjukkan perilaku yang aneh sebab hormon estrogen dan progesteron di dalam tubuhnya meningkat.
tanda-itik-bertelur.jpg
Setiap itik yang hendak bertelur akan menunjukkan tanda-tanda tertentu yang sudah menjadi kebiasaannya. Dari tanda-tanda inilah, Anda bisa mengenali mana saja itik yang sebentar lagi akan bertelur. Nah, berikut ini tanda-tandanya!
Tanda 1. Itik Merontokkan Bulu Kapas
Itik yang akan bertelur pasti merontokkan bulu kapas atau bulu halusnya. Kemudian bulu di bagian sayapnya pun akan memecah yang menandakan masa bertelur akan terjadi tidak lama lagi. Sejatinya bulu-bulu halus yang rontok ini digunakan oleh itik untuk membuat alas bagi telur-telurnya agar tetap hangat. Namun kerontokan bulu juga bisa diakibatkan karena itik mengalami stres akibat perubahan pakan atau kondisi lingkungan.
Tanda 2. Nafsu Makan Itik Menurun
Sangat wajar apabila itik yang akan bertelur mengalami penurunan pada nafsu makannya, padahal kondisinya sehat. Misalnya itik tersebut mampu menghabiskan pakan sebanyak 150-180 gram di hari biasa, tetapi tiba-tiba itik hanya sanggup memakan 120 gram pakan saja. Secara tidak langsung, pengurangan konsumsi pakan ini berguna untuk mengurangi kadar lemak di dalam tubuh itik sehingga proses pelepasan telur nantinya bisa lancar.
Tanda 3. Terjadi Perkawinan Itik Semu
Perkawinan itik secara semu terjadi apabila Anda hanya memelihara itik yang berjenis kelamin betina saja. Padahal secara naluri itik juga membutuhkan proses perkawinan untuk mempengaruhi alat reproduksinya. Namun karena tidak adanya itik jantan, maka terjadilah perkawinan semu antar-itik betina. Sebelumnya kami tegaskan bahwa perilaku itik seperti ini bukanlah menyimpang. Itik-itik tersebut hanya membutuhkan perkawinan saja.
Tanda 4. Itik Sering Tiba-tiba Gaduh
Itik betina yang sudah matang kelamin biasanya akan mulai bersuara sendiri tanpa sebab yang jelas, terutama saat malam hari. Penyebabnya sendiri bukan berasal dari gangguan hewan liar, lampu yang padam, angin ribut, atau faktor lainnya. Tetapi karena sisi psikologis itik tersebut yang tidak stabil akibat peningkatan hormon estrogen dan progesteron tadi. Umumnya jika ada salah satu itik yang mulai gaduh akan diikuti oleh itik-itik lainnya.
Tanda 5. Itik Sering Mengorek Tanah Sendiri
Meskipun sudah diternakkan di dalam kandang, itik tetap mempunyai naluri ilmiah untuk membuat sarang sendiri sebagai tempatnya meletakkan telur. Ketika itik sebentar lagi akan bertelur, biasanya dia akan mengorek-ngorek tanah atau alas kandang yang bertujuan untuk membuat cekungan. Walaupun usahanya tersebut sia-sia, tetapi itik tadi tetap berupaya mengorek tanah di beberapa sudut kandang.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Tanda-tanda Utama Itik akan Bertelur - My Budidaya "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel