-->

Ternak Hewan yang Paling Menguntungkan di Lahan Sempit Menjanjikan & Tidak Ada Matinya

Ternak Hewan yang Paling Menguntungkan di Lahan Sempit Menjanjikan & Tidak Ada Matinya - Usaha beternak hewan termasuk salah satu jenis bisnis yang mampu memberikan pendapatan yang cukup besar. Hal ini tak terlepas dari hewan ternak dibutuhkan oleh manusia untuk dikonsumsi dalam rangka memenuhi keperluan gizi. Usaha budidaya hewan ternak tidak asing lagi di wilayah pedesaan. Anda dapat dengan mudah menjumpai berbagai usaha peternakan hewan di desa. Misalkan usaha ternak kambing, sapi, domba, ikan lele, ikan mas, belut dan lainnya. Namun usaha budidaya hewan ternak bisa pula dijalankan di kota dengan lahan sempit terbatas. Anda bisa memanfaatkan lahan sempit di kota untuk bisnis ternak hewan.  Bagi anda yang mau membuka usaha budidaya hewan di lahan sempit dengan tujuan untung besar dan hasil melimpah, berikut ini 15 ternak hewan yang paling menguntungkan di lahan sempit, antara lain: Ide bisnis ternak yang terbukti laris dan menguntungkan dengan hasil maksimal? 20 peluang usaha ternak menjanjikan & tidak ada matinya adalah jawabannya. Usaha ternak merupakan jenis usaha yang menjanjikan dan tidak ada matinya karena berkaitan dengan makanan yang merupakan kebutuhan pokok manusia. Hasil peternakan berupa daging, telur, dan susu merupakan bahan makanan bernutrisi tinggi dan selalu dibutuhkan.
Selain itu ada juga ternak hewan yang ditujukan untuk hiburan seperti ternak burung dimana burung-burung ini biasanya digunakan sebagai hewan peliharaan untuk meramaikan rumah atau diikutkan dalam berbagai kompetisi. Ada pula hewan yang diternakkan sebagai pakan bagi hewan peliharaan lain. Ada banyak jenis peluang usaha ternak yang bisa anda lakukan sesuai dengan minat dan modal yang dimiliki. 

Usaha Ternak Bebek Pedaging, Menjanjikan dengan Modal Kecil

Selain daging ayam yang telah lebih dahulu populer daging bebek kini juga sudah mulai banyak dikonsumsi sehingga banyak ditemukan tempat makan yang menjadikan daging bebek sebagai menunya. Ada bebek goreng, bebek bakar, bebek sambal hijau, dan lain-lain.
Menurut data, produksi bebek pedaging masih jauh di bawah tingkat konsumsi bebek sehingga menjalankan usaha ternak bebek pedaging merupakan langkah tepat bagi anda yang ingin memulai usaha ternak. Beberapa jenis bebek yang cocok diternakkan sebagai bebek pedaging adalah bebek peking, entok atau bebek manila, itik apkir, serta tiktok yang merupakan hasil persilangan itik dan entok. Jika anda peternak pemula maka perdalam wawasan anda mengenai peternakan bebek pedaging mulai dari spesifikasi kandang, pakan yang sesuai, serta semua tetek-bengek perawatannya agar usaha yang dibangun bisa berhasil. Demikianlah mengenai peluang usaha bisnis ternak bebek yang bisa diawali dengan modal kecil, semoga bermanfaat.



Usaha Ternak Bebek Petelur yang Menjanjikan di Masa Depan

Selain daging, telur bebek juga merupakan hasil ternak yang sangat laris dan banyak dicari karena ukurannya yang lebih besar dan cita rasanya yang berbeda dari telur ayam. Ini dapat dijadikan peluang usaha yang menjanjikan. Jika anda tertarik pada usaha ini maka beberapa jenis bebek yang cocok diternakkan sebagai bebek petelur seperti bebek khaki campbell, bebek magelang, bebek mojosari, bebek tegal, bebek bali, dan bebek alabio. Sebelum mulai beternak bebek petelur tentukan dahulu skala usaha yang akan dibangun apakah sebagai usaha utama dalam skala besar atau usaha sampingan dalam skala kecil. Selain itu pelajari pula dengan baik seluk-beluk mengenai bebek petelur mulai dari pembuatan kandang, pemberian makan, nutrisi yang diperlukan, hingga penyakit yang mungkin menjangkitinya.
Itulah pembahasan mengenai peluang usaha bisnis ternak bebek petelur yang bisa dimulai dengan modal kecil, semoga bermanfaat.


Usaha Ternak Ayam Petelur Paling Mudah

Salah satu bahan makanan yang selalu tersedia dan distok di rumah-rumah adalah telur ayam. Selain bergizi bahan makanan ini juga sangat praktis ketika diolah sehingga cocok sekali sebagai cadangan bahan makanan.
Telur ayam dapat diolah sebagai lauk seperti digoreng atau direbus. Selain itu telur ayam merupakan bahan wajib dalalm pembuatan kue sehingga bisa dipastikan permintaan terhadap telur ayam selalu tinggi.
Oleh karena itu membuka usaha ternak ayam petelur sangat menjanjikan. Sebagai pemula anda dapat mencoba dari skala kecil terlebih dahulu misalnya dari beberapa ekor induk ayam sehingga lebih mudah dalam perawatannya dan bisa dijadikan sebagai usaha sampingan.
Anda juga dapat mempekerjakan orang yang memang sudah paham betul mengenai ternak ayam petelur sehingga lebih mudah dalam melaksanakan usaha ini.
Demikianlah peluang bisnis usaha ternak ayam petelur yang memiliki prospek yang bagus. Sebelum mulai melangkah ada baiknya mengetahui analisa modal dan cara beternak yang tepat agar tujuan mencapai keuntungan yang banyak mudah diraih.


Usaha Ternak Ayam Potong Pedaging Broiler atau Kampung yang Menguntungkan

Seperti halnya telur ayam, daging ayam biasanya selalu tersedia di setiap rumah tangga. Tidak hanya di rumah-rumah bahkan di warung-warung dari warung dadakan pinggir jalan, rumah makan sampai restoran mewah pun biasanya terdapat menu yang menggunakan daging ayam.
Ayam potong pedaging yang biasa dikonsumsi baik di rumah tangga maupun di jual di warung atau restoran ada dua macam yaitu ayam pedaging broiler alias ayam ras dan ayam kampung atau pejantan. Perbedaanya adalah ayam kampung atau pejantan harga jual per ekornya lebih mahal daripada ayam ras. Keduanya sama2 memiliki peminat masing-masing.
Oleh sebab itulah usaha ayam potong pedaging bisa dibilang memiliki prospek yang bagus. Apalagi apabila usaha ayam potong sudah memiliki pelanggan tetap misal menjadi pemasok di restoran yang hanya menjual ayam setiap harinya seperti KFC, CFC, dll tentulah membutuhkan ayam yang sangat banyak setiap harinya.
Tentunya sebelum terjun ke usaha ternak ayam potong anda membutuhkan ilmunya. Cara lainnya adalah mengajak kerjasama dengan orang lain yang sudah paham seluk beluk ternak ayam potong dengan sistem bagi hasil.
Demikianlah analisa peluang usaha ternak ayam potong pedaging baik broiler maupun kampung. Bisnis prospek yang bisa dibilang tidak membutuhkan modal yang besar untuk memulai, semoga bermanfaat.


Usaha Ternak Ayam Bangkok yang Menjanjikan

Ayam bangkok merupakan jenis ayam yang banyak dimanfaatkan sebagai ayam kompetisi yang diikutkan dalam berbagai perlombaan seperti kompetisi kecantikan dan kompetisi kokok ayam. Namun banyak juga yang memanfaatkannya sebagai ayam aduan pada sabung ayam dimana hal ini terlarang baik dalam hukum agama maupun hukum negara. Hal ini dapat menjadi pilihan usaha bagi anda yang ingin memulai usaha ternak ayam selain ayam petelur dan pedaging. Meskipun permintaannya tidak setinggi kedua jenis ayam tersebut namun usaha ini tetap memiliki pangsa pasar yang baik. Salah satu strategi yang bisa dipakai adalah dengan menghasilkan ayam bangkok yang berkualitas baik sehingga dapat dijual dengan harga tinggi.
Masih merasa butuh peluang bisnis lebih banyak? Mau tahu ide usaha lain selain ide usaha ternak? Berikut rekomendasi dari kami :


Usaha Ternak Puyuh dan Itik Entok

Varian unggas lain yang menjanjikan untuk diternakkan adalah burung puyuh dan itik entok. Burung puyuh merupakan jenis unggas berukuran menengah, lebih kurang seukuran anak ayam.
Meskipun kecil namun daging burung puyuh cukup digemari karena rasanya yang enak dan kandungan gizinya yang tinggi. Selain itu burung puyuh juga menghasilkan telur yang dikenal sebagai telur puyuh yang meskipun kecil namun tidak kalah digemari dari telur ayam.
Demikian pula halnya dengan itik entok yang juga dapat dijadikan peluang usaha ternak yang menjanjikan karena usaha ternak jenis unggas satu ini masih belum terlalu banyak dilirik. Selain daging telur entok juga dapat dikonsumsi .
Demikianlah peluang usaha bisnis ternak puyuh, itik, maupun entok semoga bermanfaat.


Usaha Pakan Ternak Unggas & Mamalia

Maraknya usaha ternak unggas berdampak positif pada tumbuhnya peluang bisnis lain yaitu bisnis pakan ternak unggas dan mamalia. Bisnis ini dapat dijalankan baik di desa maupun di kota selama ada usaha ternak unggas dan mamalia di sekitarnya.
Anda dapat menjual pakan unggas produksi pabrik atau merambah lebih dalam lagi menjadi produsen pakan unggas rumahan sehingga untung yang didapat lebih besar. Tidak hanya berjualan di toko secara konvensional, anda juga dapat mempromosikan produk yang dijual melalui internet sehingga jangkauannya semakin luas.
Itulah pembahasan peluang bisnis pakan ternak unggas seperti ayam, bebek dan mamalia seperti sapi, kambing. Usaha rumahan dengan modal awal tidak terlalu besar dan prospek.


Peluang Usaha Ternak Lovebird

Meskipun bukan spesies asli Indonesia namun burung lovebird banyak dipelihara oleh para pencinta burung di tanah air. Warna bulu dan suaranya yang indah sungguh menghibur sekaligus bisa diikutkan ajang kompetisi burung.
Dengan semakin populer dan banyaknya peminat burung ini membuka peluang bagi anda yang ingin beternak lovebird. Hal penting yang harus dikuasai oleh peternak lovebird adalah kemampuan untuk membedakan jenis kelamin burung serta mengawinkannya sehingga dihasilkan lovebird bakalan yang berkualitas.
Dan tak kalah penting adalah proses pelatihan kicauan burung atau pemasteran sehingga lovebird yang anda ternakkan dapat berkicau dengan baik. Semakin baik kicauannya tentu semakin tinggi harga jualnya.
Itulah bahasan peluang usaha ternak lovebird, semoga ide bisnis ini menginspirasi anda untuk segera action.

Usaha Ternak Kambing Potong Jawa atau Kambing Kacang
Usaha ternak hewan yang tidak kalah menjanjikan adalah ternak kambing. Selain sebagai konsumsi sehari-hari kambing juga kerap dipilih sebagai hewan qurban ketika idul adha dan hewan aqiqah bagi anak yang baru lahir sehingga permintaan pasar terhadap hewan satu ini pasti tinggi.
Salah satu jenis kambing potong yang cocok diternakkan di Indonesia dan menjanjikan keuntungan dalam waktu cukup singkat adalah kambing jawa atau kambing kacang. Kambing ini merupakan spesies asli Indonesia sehingga cocok dengan kondisi alam Indonesia yang tropis.
Selain itu kambing ini juga cepat dalam hal berkembang biak dimana sudah bisa menghasilkan keturunan pada umur 15-18 bulan sehingga lebih cepat menghasilkan keuntungan.
Demikianlah cara memulai dan mengambil peluang usaha ternak kambing potong jawa, kambing kacang, maupun domba. Bisnis yang menguntungkan dan prospek dengan analisis modal awal yang cukup besar bisa anda akali dengan menawarkan proposal sistem kerjasama bagi hasil mitra kepada investor baik modal maupun proses ternaknya agar sukses lebih cepat anda raih.


Usaha Ternak Kambing Susu Etawa
Kambing etawa dikenal sebagai kambing yang berukuran besar atau jumbo. Kambing ini merupakan hasil persilangan dari kambing jamnapari yang berasal dari India yang ukurannya memang besar dengan kambing lokal Indonesia.
Selain dagingnya susu kambing etawa juga dapat dikonsumsi dan banyak penggemarnya. Hal ini menjadikan ternak kambing etawa sebagai peluang usaha yang sangat menjanjikan karena tidak hanya daging, susunya pun bisa mendatangkan penghasilan.
Demikianlah cara memulai dan mengambil peluang usaha ternak kambing etawa untuk diambil susunya. Bisnis yang menguntungkan dan prospek dengan analisa modal awal yang cukup besar bisa anda akali dengan menawarkan proposal sistem kerjasama bagi hasil mitra kepada investor baik modal maupun perawatan ternaknya agar sukses lebih cepat anda raih.


Usaha Ternak Sapi Potong Bali

Daging sapi merupakan daging yang disukai dan banyak dipilih oleh orang Indonesia saat akan mengonsumsi daging merah. Tingginya minat pembeli terhadap daging ini dapat dilihat dari masih adanya impor sapi yang digunakan untuk menutupi kebutuhan daging dalam negeri.
Ini dapat menjadi peluang usaha bagi anda yang ingin atau suka beternak. Salah satu jenis sapi yang sangat menjanjikan untuk diternakkan adalah sapi bali karena sapi ini memiliki ukuran tulang yang lebih kecil dan daging yang lebih tebal sehingga cukup banyak penggemarnya.
Demikian pembahasan peluang usaha ternak sapi potong bali. Bagi anda pebisnis pemula sebaiknya mencari mitra yang sudah berpengalaman dalam ternak sapi agar cara memulai usaha dan juga analisa modalnya lebih akurat dan diharapkan lebih cepat mendulang keuntungan. Ide bisnis lainnya sehubungan dengan usaha ternak adalah bisnis pakan ternak.


Usaha Ternak Lembu atau Kerbau

Meskipun daging kerbau kalah populer dari daging sapi bukan berarti usaha ternak kerbau tidak menguntungkan. Selain dagingnya kerbau juga dapat dimanfaatkan tenaganya untuk membajak sawah sehingga anda dapat menerima penghasilan tambahan dari penyewaan kerbau untuk membajak.
Selain itu perawatan kerbau juga lebih mudah karena ia mampu beradaptasi dengan baik terhadap perubahan lingkungan serta tidak pilih-pilih pakan. Ia juga menghasilkan susu yang baik dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi dadih.


Peluang Usaha Ternak Domba Garut

Selain kambing domba merupakan hewan yang juga sering dijadikan sebagai hewan kurban pada hari raya idul adha sehingga permintaan pasar terhadap domba cukup tinggi. Ini membuka peluang bagi anda yang ingin beternak namun masih bingung dengan jenis hewan yang akan diternakkan.
Salah satu jenis domba yang terkenal di Indonesia adalah domba garut. Domba ini dikenali dari posturnya yang besar dan tampilannya yang cantik sehingga dihargai tinggi oleh pembeli. Selain dimanfaatkan dagingnya domba garut juga kerap diikutkan kontes domba karena tampilannya yang cantik dan posturnya yang bagus.
Itulah peluang usaha ternak domba garut atau kambing garut, semoga ide bisnis ini bermanfaat.



Peluang Usaha Ternak Lele

Banyaknya usaha tempat makan yang menjadikan lele sebagai menunya menunjukkan tingginya permintaan terhadap ikan air tawar ini. Ini dapat menjadi peluang usaha sampingan bagi anda yang ingin menambah penghasilan karena ternak lele bisa dilakukan di sela-sela aktivitas sehari-hari.
Dengan pemberian pakan yang tepat secara teratur dan menjaga kebersihan kolam maka lele yang diternakan atau dibudidayakan akan tumbuh dengan baik. Ditambah lagi beternak lele tidak membutuhkan waktu lama. Dalam hitungan bulan lele sudah bisa dipanen dan dijual sehingga anda bisa langsung menikmati hasilnya.
Demikianlah pembahasan peluang usaha sampingan bisnis ternak lele rumahan yang menguntungkan dan bisa dikerjakan di rumah.


Bisnis Ternak Belut
Meskipun sekilas terlihat mirip ular namun belut termasuk dalam kelompok ikan. Selain enak dan gurih belut juga kaya akan berbagai manfaat bagi kesehatan sehingga banyak digemari.
Ini dapat menjadi peluang bagi anda yang ingin berbisnis ternak belut. Ditambah lagi beternak belut dapat dimulai dengan modal minim sehingga tidak menjadi kendala bagi anda yang kekurangan modal.
Ia dapat dibudidayakan di dalam tong atau drum serta pakannya tidak sulit sehingga biaya perawatannya tidak besar. Meskipun belut mampu hidup di dalam lumpur namun penting bagi anda para peternak untuk menjaga kualitas air tempat menernak belut sehingga ia dapat tumbuh dengan baik.
Itulah sedikit gambaran usaha atau bisnis ternak belut, semoga menginspirasi.


Usaha Ternak Aneka Ikan Yang Menjanjikan
Selain lele ada beberapa jenis ikan lainnya yang sangat menjanjikan untuk diternakkan seperti ikan nila dan ikan gurame. Kedua jenis ikan ini juga tinggi peminatnya sehingga usaha ternak nila dan gurame juga sangat menjanjikan dan menguntungkan.
Selain ikan untuk konsumsi ikan hias juga memiliki pangsa pasar yang baik sehingga dapat menjadi pilihan anda dalam beternak ikan. Beberapa ikan hias yang banyak dipelihara seperti ikan cupang, fantail guppy, arwana, louhan, maskoki, dan ikan koi.
Demikian peluang usaha ternak ikan yang paling menjanjikan di masa depan dengan modal kecil, semoga ide bisnis ini menginspirasi.


Peluang Bisnis Usaha Peternakan Kelinci

Sebagai hewan yang lucu dan menggemaskan kelinci banyak dipilih sebagai hewan peliharaan. Selain itu kelinci juga dapat dimanfaatkan daging dan kulitnya sehingga usaha ternak kelinci menjanjikan keuntungan yang besar.
Ditambah lagi perawatan hewan satu ini tidaklah sulit. Mulai dari pakannya yang mudah didapatkan, perawatannya yang tidak ribet, serta proses pembersihan kotorannya yang tidak sulit.
Yang perlu diperhatikan usaha ternak kelinci membutuhkan tempat yang luas sehingga kelinci bisa bergerak bebas. Usahakan juga kandangnya dibuat jauh dari pemukiman agar bau kotorannya tidak mengganggu warga.
Itulah tadi sedikit gambaran peluang bisnis usaha ternak hewan kelinci yang dapat dilakukan di rumah. Sebuah bisnis yang cukup mudah, cepat menguntungkan dan menghasilkan uang, modal kecil dan bisa menjadi inspirasi jenis bisnis rumahan paling potensial.


Usaha Ternak Cacing dan Kroto yang Menguntungkan

Ternak ayam, kambing, atau ikan mungkin terdengar biasa. Namun lain halnya dengan ternak cacing dan kroto atau larva semut rangrang yang membuat orang awam mengernyitkan dahi.
Kedua hewan ini memiliki banyak manfaat dan memiliki permintaan pasar yang cukup tinggi sehingga sangat menjanjinkan untuk diternakkan. Keduanya digunakan sebagai sebagai pakan ternak atau pakan hewan peliharaan seperti pakan burung, ikan, atau unggas.
Selain itu cacing juga digunakan dalam industri kosmetik dan farmasi sehingga permintaan akan hewan ini cukup besar. Beternak kedua hewan ini cukup mudah dan perawatannya juga tidak memerlukan biaya yang besar serta tidak menghabiskan banyak waktu sehingga bisa dijadikan usaha sampingan. Itulah pembahasan peluang usaha ternak cacing dan kroto. Jika anda kesulitan untuk memulai sebaiknya mencari mitra bisnis yang sudah berpengalaman agar lebih cepat memperoleh keuntungan.

Peluang Usaha Ternak Jangkrik dan Kelabang, Modal Kecil Untung Besar
Selain dua hewan di atas jangkrik dan kelabang merupakan hewan-hewan yang juga potensial untuk diternakkan. Keduanya juga dimanfaatkan sebagai pakan hewan ternak atau hewan peliharaan seperti burung dan ikan. Dengan modal yang tidak besar usaha ternak kedua hewan ini menjanjikan untung yang besar dan belum terlalu banyak dilirik sehingga peluang keberhasilannya lebih besar.
Itulah mengenai peluang usaha ternak jangkrik dan kelabang yang target pemasaranya adalah sebagai pakan ternak hewan lain. Semoga bermanfaat.

Kerjasama Usaha Ternak, Mitra Titip Rawat dan Bagi Hasil yang  Sukses
Dalam melakukan usaha ternak terutama hewan-hewan tertentu dibutuhkan ketelatenan dan menghabiskan banyak waktu. Apalagi jika hewan yang diternakkan sudah berkembang biak dan dalam jumlah besar. Bagi orang-orang yang memiliki modal dan ingin beternak namun terkendala masalah waktu dimana tidak memiliki waktu untuk merawat hewan ternak dapat menerapkan konsep titip rawat dan bagi hasil dengan orang lain. Mitra inilah nantinya yang akan mengurus hewan ternak tersebut. Dan nanti jika ternak sudah menghasilkan keuntungannya dibagi bersama sesuai dengan kesepakatan di awal.
Yang perlu diperhatikan dalam usaha ini adalah kesepakatan yang sama-sama menguntungkan sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan serta memiilih mitra usaha yang serius dan berpengalaman dalam beternak. Sangat beragam bukan peluang usaha ternak yang dapat dilakukan? Anda dapat memulai usaha ternak anda sesuai kemampuan, minat, dan modal yang dimiliki serta mulailah sesegera mungkin dan jangan terlalu lama berpikir sehingga usaha ternak hewannya dapat sesegera mungkin direalisasikan

Bisnis Budidaya Ayam Broiler Pedaging
Usaha beternak ayam broiler pedaging pasti bukan hal asing bagi anda. Usaha ini sangat mudah ditemukan di desa secara teknik intensif. Namun di kota juga ada beberapa pengusaha yang beternak ayam broiler potong untuk diambil dagingnya. Berdasarkan analisa penulis, usaha ternak ayam pedaging menjanjikan untung besar. 



Salah seorang kenalan penulis yang membuka usaha jualan ayam broiler pedaging di pasar tradisional mengakui keuntungan usaha budidaya ayam pedaging sangat besar. Apalagi saat menjelang hari raya lebaran, usaha budidaya ayam potong laris manis dengan kenaikan harga daging hampir dua kali lipat dari harga normal. Untuk meningkatkan penjualan, kenalan penulis ini memasok ayam potong di beberapa pasar tradisional kepada para penjual daging ayam yang tersebar di beberapa gerai lapak. Dari usaha ternak ayam pedaging, ia mampu menunaikan ibadah haji, membeli rumah dan mobil mewah.

Jika saat ini anda bingung untuk memilih jenis usaha budidaya hewan ternak yang paling mudah dan menguntungkan maka usaha beternak ayam broiler pedaging bisa menjadi pilihan yang tepat. Dikarenakan potensi omset usaha cukup besar perbulan, gampang dijalankan dan cepat panen. Masa panen ayam broiler potong lumayan singkat. Dalam waktu kurang dari dua bulan, ayam ras broiler sudah bisa panen. Adapun harga daging ayam per kilogram cukup stabil di kisaran Rp 36 ribu perkilogram.



Permintaan daging ayam di masyarakat Indonesia terus tumbuh naik seiring dengan pertambahan jumlah penduduk. Dan berdasarkan analisis data dari Kementerian Pertanian dan Peternakan bahwa pasokan daging ayam dari para peternak lokal belum mampu memenuhi permintaan pasar yang sangat besar. Atas hal itulah peluang bisnis beternak ayam potong pedaging menjanjikan sekali untuk dijalankan.

Untuk memulai usaha beternak ayam broiler pedaging tidak memerlukan lahan yang luas. Yang jadi patokan satu meter persegi luas kandang ayam bisa menampung 7 ekor ayam broiler. Di samping rumah pun anda bisa membuka usaha ternak ayam potong secara kecil kecilan dimulai dari ratusan ekor. Seiring bertambah modal maka jumlah ayam potong bisa ditingkatkan menjadi 5000 ekor.

Bisnis Budidaya Sapi
Ada banyak jenis sapi di dunia khususnya di Indonesia, antara lain sapi limousin, sapi brahma, sapi bali, sapi susu, sapi pedaging, sapi jawa, sapi australia, dan jenis sapi lainnya. Dan berdasarkan penuturan para peternak lokal bahwa usaha budidaya sapi lebih menjanjikan untung besar ketimbang usaha beternak kambing dan domba. Dengan iklim tropis yang sangat mendukung, usaha beternak sapi sangat menjanjikan dijalankan di tanah air.

Kenapa usaha beternak sapi lebih menguntungkan dari jenis usaha hewan ternak lainnya? Dikarenakan permintaan hewan sapi di tanah air sangat besar. Terutama pada menjelang hari raya lebaran idul adha dan idul fithri. Dan belum mampu dipenuhi secara baik oleh para peternak lokal. Sehingga harga daging sapi di Indonesia paling tinggi di Asia Tenggara. Harga daging sapi di Indonesia dapat mencapai Rp 130 ribu perkilogram. Sedangkan harga normal sebesar Rp 80 perkg. Oleh karenanya, pemerintah mengimpor sapi dari India dan Australia untuk memenuhi permintaan daging sapi yang tinggi sekali di dalam negeri.

Bisnis Budidaya Kambing
Jenis usaha ternak hewan lainnya yang paling menguntungkan di lahan sempit adalah usaha beternak kambing. Dengan sekotak tanah di samping rumah, anda bisa memulai usaha ternak kambing. Penulis pun sudah sejak lama melakukan usaha budidaya kambing secara rumahan. Dari modal awal sebanyak satu anak kambing seharga Rp 500 ribu, saat ini beranak pinak hingga mempunyai lima ekor kambing.

Usaha beternak kambing termasuk jenis ternak hewan yang paling menguntungkan dalam waktu singkat. Selain itu, hewan ternak kambing cukup gampang dirawat. Masyarakat desa seringkali menjadikan usaha budidaya kambing sebagai bisnis sampingan di samping berprofesi sebagai buruh dan petani di sawah. Berdasarkan data di lapangan, harga kambing dewasa saat ini mencapai Rp 2 juta per ekor.

Bisnis Budidaya Bebek
Bisnis ternak hewan yang tak kalah menjanjikan untung besar di tahun ini dan di masa datang adalah usaha beternak bebek. Salah seorang peternak bebek yang pernah penulis temui di sawah mengakui dari hasil beternak bebek ia bisa membeli satu buah rumah mewah dan satu buah mobil avanza. Adapun jumlah bebek yang ia budidayakan sekitar 5000 ekor bebek. Jika dalam satu hari, seekor bebek menghasilkan telor sebanyak satu butir maka omset dari penjualan telur sekitar Rp 10 juta perhari (5000 ekor bebek x Rp 2000). 

Pendek kata, usaha beternak bebek selain mudah dijalankan juga bisa membuat seseorang kaya raya dalam waktu cepat. Adapun rincian biaya modal usaha ternak bebek meliputi pembuatan kandang bebek, biaya pakan, belanja obat dan vitamin bagi bebek, pembelian bibit bebek sebanyak 5000 ekor, upah tenaga kerja dan lain sebagainya.

Usaha Budidaya Lele
Anda tentu mengenal dengan ikan lele yang berkumis ini. Lele menjadi santapan favorit banyak orang dengan cara dipepes maupun digoreng. Untuk mendapatkan menu lele maka anda bisa memperolehnya di gerai usaha pecel lele gerobak kaki lima maupun restoran. Bisnis budidaya lele menjadi salah satu jenis ternak hewan yang paling menguntungkan dalam waktu singkat. Karena masa panen terbilang singkat. Kurang dari dua bulan, ikan lele sudah bisa dipanen dengan harga jual sebesar Rp 36 ribu per kilogram. 

Untuk budidaya ikan lele sangat mudah dijalankan oleh pemula sekalipun dikarenakan ikan lele memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan tidak mudah mati serta tidak membutuhkan lahan yang luas untuk membudidayakan. Dengan lahan sempit memanfaatkan pekarangan rumah, seseorang sudah bisa membuka usaha ternak lele di kolam terpal plastik. Salah seorang peternak lele di desa penulis mengakui omset bersih dari bisnis ternak lele sekitar Rp 10 juta perbulan.

Bisnis Budidaya Burung

Usaha beternak burung salah satu ternak hewan yang paling menguntungkan di lahan sempit. Seperti yang dilakoni oleh kerabat penulis yang membuka usaha ternak burung perkutut, murai batu, kace, beo, kakatua dan lovebird. Disebut usaha ternak hewan yang menguntungkan disebabkan jumlah penggemar burung di Indonesia sangat besar. Dan setiap tahun terus bertambah banyak. 

Untuk membuka usaha ternak burung maka anda bisa membuat kandang ternak burung di dalam rumah maupun samping rumah. Salah seorang kerabat penulis mendirikan usaha ternak burung di salah satu ruang kosong di rumah lantai atas. Bisnis budidaya burung bisa dijadikan sebagai usaha sampingan dan rumahan dengan prospek cerah.

Usaha Budidaya Jangkrik

Permintaan akan hewan ternak jangkrik saat ini sangat besar di Indonesia. Hal ini tak terlepas dari banyaknya penggemar burung. Hewan jangkrik digunakan sebagai pakan burung yang bagus, pakan belut, pakan ikan dll. Harga jangkrik yang cukup tinggi di pasaran membuat usaha ternak jangkrik sangat menguntungkan saat ini. Anda bisa beternak jangkrik di lahan sempit berupa kandang yang mini.

Bisnis Budidaya Puyuh

Usaha beternak burung puyuh menjadi peluang bisnis yang sedang populer dan marak saat ini. Omset bersih ternak puyuh sekitar Rp 3 juta perbulan. Cukup besar kan? Terutama pendapatan berasal dari penjualan telur dan daging puyuh perhari. Jika anda sedang mencari peluang usaha dalam bidang peternakan hewan yang menguntungkan, mudah dijalankan dan laris pembeli maka bisnis ternak puyuh bisa jadi pilihan tepat. Sebab permintaan pasar terhadap telur puyuh sangat besar di Indonesia. Harga telur puyuh Rp 25 ribu perkilogram.

Usaha Ternak Belut

Bisnis budidaya belut merupakan jenis usaha ternak hewan yang paling menguntungkan di lahan sempit. Anda bisa budidaya belut secara sampingan dan rumahan di dalam drum plastik yang bekas. Hewan belut mudah diternakkan dengan harga jual yang cukup tinggi di pasaran. Untuk menjual belut sangat mudah karena pangsa pasar sudah terbentuk sendiri. Di desa penulis ada beberapa orang yang membuka usaha ternak belut. Mereka bisa menghasilkan untung besar perhari. Disebabkan para penggemar daging belut di Indonesia lumayan banyak di kota maupun desa.

Usaha Beternak Kroto

Usaha budidaya kroto atau telur semut termasuk bisnis ternak yang menjanjikan dan memiliki prospek cerah. Karena para pecinta burung di Indonesia sangat besar jumlahnya. Di setiap teras rumah masyarakat Indonesia sangat mudah dijumpai kandang beserta burung piaraan yang menggantung. Dan salah satu pakan terbaik bagi burung adalah kroto. Yang bisa membuat burung menjadi lebih sehat dengan suara nyaring. Untuk memasarkan ternak telor semut atau kroto maka anda bisa menjual ke berbagai toko pakan burung terdekat.

Usaha Beternak Domba
Salah satu peluang usaha yang sangat menguntungkan dalam bidang peternakan di lahan sempit adalah usaha ternak domba. Anda bisa membuka bisnis budidaya domba garut secara rumahan di samping rumah. Dimulai dari sepasang domba maka akan beranak pinak menjadi beberapa ekor domba. Harga domba dewasa saat ini per ekor sebesar Rp 3 juta-an untuk kualitas super. Sedangkan untuk ukuran menengah harga Rp 2,5 juta. Adapun harga domba ukuran kecil sebesar Rp 2 juta.

Usaha Ternak Ikan Nila

Bisnis budidaya ikan nila sudah sering kita temukan di kolam-kolam ikan di pelosok desa. Ikan ini disukai banyak orang untuk dikonsumsi baik digoreng atau dipepes. Rasanya yang gurih, dagingnya cukup tebal dan cita rasa khas. Permintaan masyarakat terhadap ikan nila dari tahun ke tahun meningkat dengan pesat. Permintaan terbesar berasal dari kalangan restoran, rumahtangga, rumah makan dan lainnya. Sehingga usaha beternak ikan nila menjadikan peluang ternak hewan yang paling menguntungkan di lahan sempit.

 Usaha Beternak Lebah Madu

Madu merupakan salah satu jenis makanan manis yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Rasulullah SAW menganjurkan kepada umat Islam untuk  senantiasa minum madu asli agar tubuh tetap sehat bugar. Bahkan madu disebut pula obat kesehatan. Sebab, di dalamnya terkandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Karenanya, peluang usaha beternak lebah madu menjadi sangat menguntungkan.

Usaha Budidaya Ayam Petelur

Kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap telur ayam sangat tinggi. Hal ini disebabkan telur ayam merupakan salah satu kebutuhan pokok sehari hari bagi manusia yang dinamakan sembako. Setiap dapur rumahtangga pastinya menyediakan telur untuk dikonsumsi secara digoreng, direbus ataupun dijadikan olahan makanan lainnya. Atas fakta tersebut, bisnis budidaya ayam petelur sangat menjanjikan untuk anda jalankan saat ini. Apalagi bisnis budidaya ayam petelur termasuk ternak paling cepat panen.

Bisnis Ternak Ikan Hias

Usaha budidaya ikan hias merupakan salah satu jenis usaha ternak hewan yang paling menguntungkan saat ini di lahan sempit. Disebabkan permintaan akan ikan hias di masyarakat meningkat pesat. Para peneggemar ikan hias bertambah banyak setiap tahun. Anda bisa melihat banyak orang yang membeli pakan ikan hias untuk makanan ikan hias. Ada banyak jenis ikan hias yang bisa anda ternakkan seperti ikan louhan, ikan cupang, ikan mas koi, ikan arwana, dan lain sebagainya.
Itulah penjelasan mengenai mitra kerjasama usaha ternak, bisnis usaha ternak seperti kambing, sapi, dll dengan sistem bagi hasil yang berpotensi sukses.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel