-->

PENTING !!! Hal Krusial Peluang Usaha Ternak Lele Agar Cepat Sukses

PENTING !!! Hal Krusial Peluang Usaha Ternak Lele Agar Cepat Sukses
Hal Krusial Peluang Usaha Ternak Lele Agar Cepat Sukses – Bisnis ternak lele menghasilkan keuntungan yang cukup menggiurkan. Apalagi konsumsi lele di Indonesia cukup tinggi, dilihat dari bertebarannya berbagai warung pecel lele tenda di malam hari.

Untuk memulai dan merambah Peluang Usaha Ternak Lele, ada 20 hal yang harus Anda perhatikan. Mari simak ulasan berikut.

#1. Anda Perlu Mengenal Ikan Lele Sebelum Memutuskan Mengambil Ide Bisnis Peluang Usaha Ternak Budidaya Ikan Lele
Anda Perlu Mengenal Ikan Lele Sebelum Memutuskan Mengambil Peluang Usaha Ternak Lele
Terdapat 5 jenis ikan lele yang biasa hidup di Indonesia, yaoti Clarias batracus (ikan lele lokal), Clarias leiacanthus, Clarias teijsmani, Clarias nieuhof, dan Clarias meladerma. Namun yang paling banyak dikembangkan adalah jenis ikan lele lokal,yaitu Clarias batracus.
Ikan lele lokal ada yang berwarna hitam atau abu-abu, berwarna putih, belang hitam dan putih, serta ada pula yang berwarna kemerahan. Namun sangat jarang sekali kini ditemui yang putih atau merah. Ada pula lele dumbo yang merupakan peranakan hasil dari kawin silang.



#2. Anda Perlu Memahami Habitat Ikan Lele Dalam Peluang Usaha Ternak Lele
Lele merupakan ikan air tawar yang banyak hidup di dataran rendah. Warga pantura banyak beternak lele di daerah bekas tambak. Ikan lele secara alami juga dapat tumbuh di sungai yang airnya mengalir dengan tenang.
Ikan lele ini cukup tangguh untuk bertahan di habitat yang kualitas airnya cukup buruk. Pada air yang kadar oksigennya sangat rendah pun sebenarnya ikan lele masih dapat hidup.
Namun jika Anda berniat untuk membudidayakan lele, maka diperlukan air yang bersih demi pertumbuhan lele yang lebih cepat.


#3. Anda Perlu Pemilihan Bibit Unggul Dalam Mengambil Ide Bisnis Peluang Usaha Ternak Budidaya Ikan Lele
Anda Perlu Pemilihan Bibit Unggul Dalam Mengambil Peluang Usaha Ternak Lele
Artikel Terkait : 20 Peluang Usaha Kuliner Laris Tahun 2018
Agar nantinya berkembang biak dengan hasil yang baik dan memuaskan, tentunya Anda perlu melakukan pemilihan bibit unggul secara teliti. Pilihlah benih yang kira-kira aktif, agresif, gesit berenag, dan tidak lesu.
Pilihlah benih lele yang memiliki warna kulit lebih cerah atau terang dibandingkan lele lainnya. Kemudian pilihlah yang kira-kira berukuran sama rata sehingga Anda lebih mudah membudidayakannya.


#4. Anda Perlu Memahami Pelepasan Benih Ke Kolam Dalam Ide Bisnis Peluang Usaha Ternak Budidaya Ikan Lele
Untuk melepaskan benih ke kolam, jangan langsung memindahkan benih lele masuk ke dalam kolam yang besar. Berikan waktu sejenak agar lele terbiasa beradaptasi dengan air kolam.
Caranya, Anda dapat menyerok air kolam ke dalam ember berukuran sedang, kemudian masukkan benih lele ke dalam ember tersebut selama kira-kira 30 menit hingga 1 jam. Setelah itu barulah lele siap dimasukkan ke dalam kolam besar.


#5. Anda Perlu Memilih Makanan Ikan Lele yang Tepat Dalam Peluang Usaha Ternak Lele
Anda Perlu Memilih Makanan Ikan Lele yang Tepat Dalam Peluang Usaha Ternak Lele
Artikel Terkait : 20 Fakta Luar Biasa Peluang Usaha Hidroponik
Di alam terbuka, lele termasuk ikan yang dapat memakan hewan lain seperti cacing, laron, jentik serangga, siput air, kutu air, dan berbagai serangga di dalam air. Lele banyak aktif di malam hari, sementara di siang hari biasanya akan mengumpat di dasar perairan sambil memakan makanan yang tenggelam.
Lele memiliki sifat kanibal, yaitu memakan sesamanya yang lebih kecil jika kelaparan. Oleh karena itu, bagi Anda yang beternak lele jangan sampai lengah dalam memberikannya pakan.



#6. Anda Perlu Memahami Jenis Pakan Lele : Pelet Terapung dan Tenggelam Dalam Ide Bisnis Peluang Usaha Ternak Lele
Dalam usaha beternak lele, salah satu biaya terbesar adalah di bagian pakan lele. Ada baiknya untuk menggunakan pakan buatan pabrik yang telah dijamin mengandung berbagai kandungan nutrisi yang diperlukan bagi tumbuh kembang lele.
Namun pakan ini harganya cukup mahal, karena impor dari luar negeri. Walaupun sudah ada yang memproduksinya di dalam negeri, namun kualitasnya masih kurang dibandingkan pakan impor.
Pakan lele biasanya berbentuk pelet kecil-kecil sehingga mudah dimakan lele. Terdapat dua jenis pakan pelet, yaitu pelet yang dapat tenggelam dan pelet yang terapung di permukaan air. Pakan lele mengandung berbagai nutrisi untuk menunjang pertumbuhan lele.



#7. Anda Perlu Mengetahui Kandungan Pakan Lele Dalam Peluang Usaha Ternak Lele
Anda Perlu Mengetahui Kandungan Pakan Lele Dalam Peluang Usaha Ternak Lele
Artikel Terkait : 20 Peluang Usaha Minuman Modal Kecil Terbukti Laris Manis
Pakan tentunya perlu memiliki kandungan nutrisi yang cukup. Di dalam pakan lele, seharusnya sudah lengkap berbagai nutrisi berikut :

· Karbohidrat : sebagai sumber energi lele, terdiri dari bahan ekstra tanpa nitrogen (BETN) yang mengandung gula, pati, dan hemiselulosa. Ikan lele membutuhkan 15-20% karbohidrat dari keseluruhan jumlah pakan
· Lemak : membantu penyerapan berbagai mineral dan sumber energi cadangan. Pakan lele seharusnya mengandung 4-16% lemak dari keseluruhan jumlah pakan. Kadar lemak dalam pakan seharusnya dijaga rendah karena jika tidak akan menyebabkan pakan teroksidasi dan menjadi bau.
· Mineral : dibutuhkan untuk metabolisme ikan, membentuk jaringan tubuh, serta menjaga keseimbangan osmotik. Beberapa mineral yang diperlukan antara lain fosfor, kalsium, belerang, klorida, natrium, kalium, magnesium, zat besi, dan kobalt.
· Protein. Minimal 35% dari total pakan.


#8. Anda Perlu Memahami Banyaknya Pemberian Pakan Per Hari Dalam Peluang Usaha Ternak Lele
Tentunya pemberian pakan harus memperhatikan bobot ikan lele yang Anda ternakkan. Jumlahnya tidak boleh kurang karena dapat menyebabkan pertumbuhan lele terhambat, sebaliknya jika terlalu banyak, pakan akan banyak terbuang sia-sia membusuk di dasar kolam.
Sebetulnya ada trik khusus menghitung pemberian pakan ini, yaitu dengan memberikannya sekitar 3-6% dari bobot lele. Misalkan kira-kira lele Anda berukuran kecil seberat 100 gram, maka diperlukan 3-6 gram pakan per harinya.
Jika tidak ingin repot-repot menghitung, cobalah memberi pakan sedikit demi sedikit, kemudian lihat reaksi lele. Jika pakan langsung habis, tambahkan. Namun sebaliknya jika lele sudah tidak berminat lagi makan, hentikan pemberian pakan.



#9. Anda Perlu Mengetahui Frekuensi Pemberian Pakan Dalam Peluang Usaha Ternak Lele
Anda Perlu Mengetahui Frekuensi Pemberian Pakan Dalam Peluang Usaha Ternak Lele
Untuk lele yang masih berukuran kecil, biasanya akan lebih membutuhkan pakan yang banyak, sehingga diperlukan 3-5 kali dalam sehari untuk memberikannya pakan. Sementara untuk lele yang berukuran sudah besar, 3 kali pakan dalam sehari biasanya sudah cukup.
Hal yang harus diperhatikan adalah ikan lele tidak tidur di malam hari, atau disebut dengan makhluk nokturnal. Jadi, sebaiknya Anda alokasikan waktu untuk memberi pakan di malam hari pula. Memberi pakan bisa dilakukan setiap 5 jam sekali, contohnya jika Anda mulai jam 7 pagi, maka selanjutnya adalah jam 12 siang, jam 5 sore, dan jam 10 malam untuk jadwal pemberian pakan.


#10. Anda Perlu Mengetahui Pentingnya Pemberian Vitamin Dalam Ide Bisnis Peluang Usaha Ternak Ikan Lele
Vitamin dibutuhkan agar lele tidak mudah terserang penyakit dan dapat menghindari hama dengan baik. Vitamin juga berfungsi untuk menjaga agar ukuran ikan lele di dalam kolam tetap sehingga memberikan panen yang maksimal.


#11. Anda Perlu Mengetahui Metode Pembiakan dengan Kolam Semen Dalam Peluang Usaha Ternak Ikan  Lele 
Kolam yang disemen berbentuk persegi panjang cukup baik untuk budidaya lele. Ukuran kolam sebaiknya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, sekitar 15-40 m2 saja agar perawatannya lebih mudah.
Atur hingga kedalaman kolam mencapai 1-1,5 meter. Namun jika lele masih berukuran kecil, 40-50 cm pun cukup. Intinya kedalaman air ditambah seiring pertumbuhan lele.


#12. Anda Perlu Mengetahui  Metode Pembiakan dengan Kolam Tanah Dalam Peluang Usaha Ternak  Ikan Lele
Ukuran kolam tanah dan kedalaman air kira-kira sama dengan kolam semen. Namun karena tidak dilapisi semen, maka Anda harus memilih tempat yang tepat dengan tanah yang dapat menahan air, strukturnya kuat dan tidak memiliki banyak batu sehingga mudah dijadikan kolam. Contoh jenis tanah yang tepat adalah tanak lempung atau tanah liat.



#13. Anda Perlu Mengetahui Metode Pembiakan dengan Kolam Terpal Dalam Peluang Usaha Ternak Lele
Anda Perlu Mengetahui Metode Pembiakan dengan Kolam Terpal Dalam Peluang Usaha Ternak Lele
Jika Anda tidak memiliki cukup lahan untuk membuat kolam semen atau kolam tanah, maka kolam terpal adalah pilihan yang cocok bagi Anda. Selain ukurannya yang lebih kecil, efektivitas kolam terpal ini cukup tinggi, lho. Gunakan terpal berkualitas baik sehingga nantinya terpal tidak mudah rusak oleh berbagai gangguan. 

#14. Anda Perlu Memahami Perkembangbiakan Lele Dalam Peluang Usaha Ternak Lele
Pada saat musim hujan, biasanya lele mulai berkembang biak dengan menghasilkan telur. Perkembangbiakan lele terjadi secara ovipar, yaitu dengan pembuahan di luar tubuh.
Pada musim hujan, biasanya kualitas air meningkat serta jasad renik yang menjadi pakan alami pun bertambah sehingga lele bersemangat untuk berkembang biak.


#15. Anda Perlu Memperhatikan Faktor Teknis Yang Mempengaruhi Keuntungan Dalam Ide Bisnis Peluang Usaha Ternak Lele
Anda Perlu Memperhatikan Faktor Teknis Yang Mempengaruhi Keuntungan Dalam Peluang Usaha Ternak Lele
Beberapa faktor teknis perlu diperhatikan karena berpengaruh langsung pada keuntungan usaha:

· Sumber air kolam. Pastikan sumber air untuk kolam bebas dari pengaruh banjir. Sumber air dapat berasal dari sumur pompa, aliran sungai atau mata air.
· Jenis tanah. Untuk kolam tanah, pastikan tanah terhindar dari struktur yang kurang kuat dan berpotensi mengalami rembesan. Pilih tanah jenis lempung berpasir, tidak berbatu, dan tanah liat.
· Lokasi jauh dari limbah. Ikan lele sangat peka terhadap lingkungan yang tercemar, sebisa mungkin jauhi dari lingkungan tercemar untuk memaksimalkan budidaya.
· Kualitas air. Temperatur 25-30oC, pH 6,5-8,5 dan kadar oksigen terlarut minimal 3 ppm.


#16. Anda Perlu Memperhatikan Faktor Non-Teknis Yang Mempengaruhi Keuntungan Dalam Peluang Usaha Ternak Lele
Berikut merupakan faktor non-teknis yang secara tidak langsung dapat mempengaruhi untung ruginya sebuah usaha ternak lele :

· Adanya sarana produksi. Perhatikan lokasi yang strategis dalam mendapatkan benih ikan, pakat, nutrisi, peralatan budi daya, dan obat-obatan
· Lokasi dekat dengan pasar atau jalan. Ingatlah bahwa Anda akan menjual hasil budidaya lele. Lebih dekat tempatnya dengan pasar yang Anda bidik atau dengan jalan yang ramai lalu lalang orang, makin tinggi peluang Anda untuk berhasil.
· Keamanan. Hindari tempat yang rawan akan hama, gangguan orang tidak bertanggung jawab, atau kemungkinan bencana alam yang tinggi.


#17. Anda Perlu Mengetahui Masa Panen Ikan Lele Dalam Peluang Usaha Ternak Lele
Anda Perlu Mengetahui Masa Panen Ikan Lele Dalam Peluang Usaha Ternak Lele
Panen dapat dilakukan setelah 90 hari lele berada dalam kolam. Biasanya pada umur ini ikan lele sudah cukup besar untuk dipasarkan untuk kemudian dijadikan santapan dalam berbagai hidangan. Biasanya sesudah berumur 1,5 bulan, bobot ikan lele mencapai 4-7 ekor per kilogramnya.


#18. Anda Perlu Menargetkan Pemasaran Ikan Lele Dalam Peluang Usaha Ternak Lele
Tentunya Anda memerlukan pasar agar ternak lele Anda menghasilkan keuntungan. Cobalah untuk memasok ikan lele Anda ke pasar terdekat, atau warung-warung tenda pecel lele yang biasa buka di malam hari.
Coba pula menargetkan restoran yang ada di sekitar tempat Anda beternak, karena akan menghasilkan peluang lebih besar bagi bisnis Anda.



#19. Anda Perlu Memasarkan Secara Online Di Era Digital Sekarang Ini Penting Dalam Peluang Usaha Ternak Lele
Anda Perlu Memasarkan Secara Online Di Era Digital Sekarang Ini Penting Dalam Peluang Usaha Ternak Lele
Di zaman yang sudah canggih ini, tentunya Anda jangan sampai ketinggalan untuk memasarkan secara online bisnis Anda. Mulai dari website pribadi, lapak jualan, media sosial, semuanya dapat Anda manfaatkan untuk meraup keuntungan yang lebih besar sekaligus membesarkan bisnis Anda.



#20. Anda Perlu Mengetahui Kisaran Omzet Peluang Usaha Ternak Lele Dalam Peluang Usaha Ternak Lele Untuk Mengetahui Estimasi Keuntungan Anda Tiap Bulan
Seorang peternak lele bernama Fauzan Hangriawan dapat meraup omset ratusan juta rupiah dari bisnis lele. Saat ini, harga ikan lele per kg nya mencapai 17.000-20.000 rupiah.

Peternak tersebut dapat menghasilkan sekitar 200 kg lele per harinya, sehingga jika dihitung kira-kira ia menghasilkan 3.400.000 rupiah per harinya, atau lebih dari 100 juta rupiah per bulan. Sebuah angka yang fantastis untuk yang tidak kenal menyerah.

  • Demikian tadi artikel Hal Krusial Peluang Usaha Ternak Lele Agar Cepat Sukses. Bagaimana pendapat anda tentang artikel ini? Bantu Share di sosial media anda dan bagikan pendapat anda di kolom komentar ya terima kasih 🙂

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel